Ternyata Ini Manfaat Alpukat untuk Lansia


Pertanianku – Buah alpukat terkenal memiliki banyak manfaat sehat di dalamnya jika konsumsi secara rutin setiap harinya. Tapi, siapa sangka jika buah tersebut dapat membantu meningkatkan ingatan dan kinerja mata bagi para lansia.

Foto: pixabay

Hal tersebut dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Nutritiens yang menyebutkan bahwa orang lanjut usia perlu mengonsumsi buah alpukat secara rutin setiap hari.

Menurut penelitian terbaru tersebut, 40 orang dewasa sehat berusia 50 tahun ke atas, yang memakan satu alpukat segar dalam sehari selama enam bulan, mengalami peningkatan tingkat lutein 25 persen pada mata mereka serta mampu meningkatkan fungsi kognitif.

Lutein adalah pigmen yang biasa ditemukan pada buah dan sayuran yang terakumulasi dalam darah, mata, dan otak serta bisa bertindak sebagai agen anti-inflamasi dan anti-oksidan.

Sebuah tim peneliti dari Tufts University di AS, memantau pertumbuhan bertahap dalam jumlah lutein di mata dan peningkatan progresif dalam keterampilan kognisi yang diukur dengan tes yang dirancang untuk mengevaluasi tingkat memori, kecepatan pemrosesan, dan perhatian.

Elizabeth Johnson, dari Universitas Tufts mengatakan, “Studi tersebut menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal, serat, lutein dan bioaktif lainnya membuat alpukat sangat efektif dalam memperkaya kadar lutein syaraf, yang dapat memberi manfaat tidak hanya bagi kesehatan mata, tapi juga untuk kesehatan otak.”

Peneliti ​​utama penelitian tersebut, Johnson mengatakan, “Hasil penelitian baru ini mengungkapkan bahwa kadar lutein di mata lebih dari dua kali lipat pada subyek yang mengkonsumsi alpukat segar, dibandingkan dengan suplemen.”

Temuan ini berdasarkan pada tingkat konusmsi satu buah alpukat utuh setiap hari atau sekitar 369 mikrogram lutein.

Baca Juga:  Begini Caranya agar Alpukat Tak Cepat Berubah Warna
loading...
loading...