Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Ikan Lele

Pertanianku – Siapa bilang daun pepaya hanya baik dikonsumsi oleh manusia? Tahukah Anda bahwa daun pepaya juga memiliki manfaat yang luar bisa jika diberikan pada ikan lele?

Dalam dunia perikanan, pohon pepaya pun memiliki faedah baik. Tidak hanya dapat digunakan sebagai menstabilkan kadar pH kolam lele, tetapi juga dapat berfungsi sebagai obat alami bagi ikan lele pada saat musim hujan. Biasanya pohon pepaya yang dimasukkan dalam kolam lele akan ditumbuhi oleh lumut, dan lumut tersebut akan dimakan oleh ikan lele yang tanpa disadari sudah mengandung obat herbal.

Pasalnya, di dalam ekstrak daun pepaya terkandung enzim papain yang memiliki aktivitas proteolitik dan antimikroba, sedangkan alkaloid carpain berfungsi sebagai antibakteri. Selain itu, terdapat pula tocophenol dan flavonoid yang memiliki daya antimikroba.

Terdapat sebuah penelitian, ekstrak daun pepaya terbukti ampuh sebagai bahan antibakteri serta imunostimulan. Ia pun berfaedah baik untuk pencegahan dan pengobatan ikan lele yang telah terinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila.

Selain hal di atas, manfaat daun pepaya untuk ikan lele lainnya sebagai berikut:

  1. Sebagai obat stres lele

Daun pepaya diyakini ampuh sebagai obat stres ikan lele yang baru dibeli bisa dimasukkan ke dalam kolam pembenihan atau penebaran. Selain itu, daun pepaya pun bisa menjadi obat agar ikan lele tenang dalam kolam. Caranya, rajang halus daun pepaya hingga mengeluarkan airnya dan tebarkan dalam kolam sebagai pakan ikan lele.

  1. Hilangkan kanibalisme

Manfaat daun pepaya bagi lele juga bisa untuk menghilangkan sifat menyerang satu sama lain atau sifat kanibalismenya. Caranya, yaitu dengan mencincang halus daun pepaya dan masukkan sedikit tetesan tebu/molase, aduk merata dan diamkan selama 15 menit, baru diberikan kepada ikan lele.

Cara lainnya, Anda hanya perlu mengambil daun pepaya lalu tumbuk sampai halus kemudian campur dengan air dan semprotkan ke seluruh permukaan terpal. Atau, Anda pun bisa mencampur daun pepaya dengan air kemudian diaduk-aduk dan diamkan selama 15 menit, lalu disaring dan disemprotkan ke seluruh permukaan terpal baru, biarkan ramuan kering ± 5 hari, kemudian bersihkan kolam dari kotoran daun pepaya dan bilas sampai bersih, kemudian kolam diisi air.

loading...
loading...