Ternyata, Ini Manfaat Mengonsumsi Buah dan Sayur Berwarna Kuning


Pertanianku – Buah dan sayuran berwarna kuning mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Bahkan, buah dan sayuran berwarna kuning ada yang bermanfaat untuk mencegah sejumlah masalah tertentu seperti gangguan jantung, penyakit kulit, dan beragam jenis kanker.

Buah dan sayuran berwarna kuning mengandung bio-flavanoid dan karotenoid. Buah dan sayuran berwarna kuning pun mengandung anti-oksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, terkandung juga serat dalam jumlah yang cukup banyak, di mana serat sendiri baik bagi kesehatan pencernaan.

Alasannya, buah atau sayuran yang memiliki warna kuning mengandung karotenoid yang terdiri atas beta karoten dan beta cryptoxanthin. Dengan demikian, ketika kita mengonsumsi buah atau sayuran berwarna kuning, tubuh akan secara otomatis mengubahnya menjadi vitamin A.

Buah dan sayuran berwarna kuning juga kaya akan anti-oksidan sehingga membantu tubuh melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh oksidan yang kita dapat dari kehidupan sehari-hari seperti makanan tak sehat hingga paparan polusi.

Vitamin A yang terkandung dalam buah berwarna kuning juga dapat melindungi Anda dari risiko gangguan penglihatan seperti degenerasi makula yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kebutaan.

Sebuah studi yang dilakukan Harvard University mengungkapkan bahwa karotenoid di dalam buah berwarna kuning dapat mengurangi risiko kanker payudara. Karotenoid ini, menurut penelitian, dapat menghambat perkembangan tumor dan mengurangi penyebaran kanker payudara.

Baca Juga:  Para Perempuan Wajib Konsumsi Sayuran Ini
loading...
loading...