Ternyata Ini Musuh Besar Durian Musang King


Pertanianku – Durian memang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang begitu lezat dan mengundang selera. Bisa dikatakan bahwa buah durian merupakan salah satu buah yang wajib kita beli ketika masa panennya. Ketika panen tiba, banyak pedagang berbondong-bondong menjual durian di pinggir jalan.

Rasa durian yang nikmat tidak menjanjikan bahwa pohonnya kuat menahan gempuran berbagai macam hama penyakit, tak terkecuali durian musang king yang kini banyak disukai oleh para pecinta durian.

Menurut seorang periset di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) Solok, Sumatera Barat, Dr. Panca Jarot Santoso, musuh terbesar durian musang king adalah penyakit kanker batang. Selain itu, pohon musang king juga lebih rentan serangan penyakit tular tanah.

“Itu adalah musuh terbesar musang king. Celakanya, penyakit tular tanah itu kerap berkolaborasi dengan ulat penggerek batang dan kanker batang. Bila itu terjadi, pohon sulit untuk diselamatkan,” jelas Dr. Panca.

Penyakit tersebut ditandai dengan sebuah lubang hitam yang muncul pada batang durian. Dari lubang tersebut mengalir cairan yang menyebabkan area di sekitarnya basah. Ketika luka menyebar hingga separuh batang berdiameter 60 cm, produksi buah pun dipastikan anjlok.

Baca Juga:  Cara Paling Mudah Menanam Blueberry dari Biji