Ternyata Ini Perbedaan Lotus dan Teratai


Pertanianku — Lotus dan teratai adalah jenis tanaman yang sama-sama tumbuh di atas air. Namun, lotus dan teratai adalah dua jenis bunga yang berbeda. Lalu, apa perbedaan lotus dan teratai?

perbedaan lotus dan teratai
Foto: Pixabay

Untuk mengetahui perbedaan lotus dan teratai, simak ulasan berikut ini.

  1. Kelopak

Kelopak bunga lotus dan teratai sangatlah berbeda. Bunga lotus memiliki kelopak yang agak bulat dan besar, kelopak bunganya juga tidak beraturan dan tidak terlalu banyak. Kelopak bunga lotus biasanya hanya berwarna kuning, putih, dan merah muda.

Sementara itu, bunga teratai kelopaknya agak panjang dan runcing. Kelopak bunga teratai biasanya bertumpuk dengan rapi. Bunga teratai memiliki warna yang lebih beragam, yakni ada putih kuning, merah muda keunguan, sampai ungu kuning juga ada.

  1. Batang

Batang bunga lotus bisa menjulang ke atas air dengan ketinggian hingga satu meter. Jadi, daun dan bunganya tidak mengambang di atas air. Adapun batang bunga teratai tidak bisa menjulang ke atas air. Daun dan bunganya akan tetap mengambang di atas air.

  1. Daun

Daun bunga lotus berbentuk bulat tanpa ada belahan dan bagian sampingnya bergelombang. Sementara, bagian atas dan bawah daunnya sama-sama berwarna hijau. Daun bunga lotus juga mempunyai lapisan lilin yang membuatnya sekilas mirip dengan daun kelor.

Daun bunga teratai juga bulat, namun ada belahan di satu sisinya. Bagian sampingnya bergerigi dan biasanya memiliki warna keunguan di bagian bawah dan warna hijau di bagian atasnya.

Baca Juga:  Bioaktif Lidah Buaya Bisa Jadi Alternatif Antibiotik Ayam Petelur
loading...
loading...