Ternyata, Ini Perbedaan Paprika Merah, Kuning, dan Hijau


Pertanianku – Keluarga cabai yang satu ini memiliki warna yang sangat cantik, yakni merah, kuning, dan hijau. Biasanya paprika digunakan sebagai pelengkap suatu masakan. Tahukah Anda bahwa ketiga warna paprika tersebut ternyata juga membedakan rasa dan tingkat nutrisi yang terkandung.

Foto: pixabay

Selain karena warna, belum banyak orang yang mengetahui apa perbedaan antara paprika hijau, kuning, dan merah, kata ahli diet asal Ohio dan pemilik blog ramah lingkungan Lean Green Bean, Lindsay Livingston. Paprika bisa berbeda warna bukan karena jenisnya, melainkan proses pematangannya yang berbeda.

“Paprika berwarna hijau dipetik sebelum benar-benar matang,” kata Livingston. “Jika Anda menunggu lebih matang, mereka akan berubah warna menjadi kuning, lalu oranye, lalu saat benar-benar sudah matang paprika akan berwarna merah.”

Namun, perbedaan warna itulah yang perlu Anda perhatikan bila tujuan memasak paprika adalah untuk mendapatkan rasa ataupun nutrisi terbaik. Saat paprika dipetik lebih awal, rasanya menjadi kurang manis disamping mengandung lebih sedikit vitamin A, C, dan B6.

Bila dijabarkan, paprika hijau memiliki rasa getir bahkan pahit dan memiliki nutrisi paling sedikit. Paprika kuning dan dan oranye memiliki rasa sedikit manis dengan kandungan vitamin lebih banyak dari paprika hijau.

Sementara, paprika merah menyajikan rasa manis terbaik dan mengandung cukup banyak vitamin karena melalui proses pematangan sempurna.

Selain itu, yang membuat perbedaan saat memasak dengan paprika, kata Livingston, pastikan untuk menggunakan warna paprika yang sesuai dengan resep. Namun, jika Anda hanya menggunakan paprika karena kebiasaan, pilihlah paprika merah. Ini karena nutrisinya yang paling lengkap.

Baca Juga:  Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Kubis Ungu
loading...
loading...