Ternyata Ini yang Menyebabkan Kuning Telur Ganda

Pertanianku Kuning telur ganda bukan menjadi hal baru meskipun masih sangat jarang terjadi. Sebenarnya, apa sih penyebab terjadinya dua kuning telur dalam satu cangkang, apakah hal ini normal atau menunjukkan suatu kelainan. Kuning telur ganda merupakan nama lain dari telur double yolk.

kuning telur ganda
foto: pixabay

Penyebab dari fenomena ini adalah proses pelepasan sel telur dari ovarium yang hanya berjarak tiga jam dari sel telur berikutnya. Normalnya, sel pelepasan sel telur terjadi dengan sel telur berikutnya berjarak 24 jam.

Terlalu cepat waktu jeda antara sel telur menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga menyebabkan adanya dua sel telur yang dilepaskan secara beriringan dalam saluran reproduksi ayam. Faktor yang memengaruhi ketidakseimbangan hormon ada banyak. Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan kuning telur ganda.

Loading...

Stres

Stres internal yang dialami oleh ayam biasanya terjadi pada saat awal produksi hingga pascaproduksi. Pada saat ini ayam dipaksa untuk meningkatkan berat badan dan pada saat yang bersamaan harus meningkatkan juga persentase produksi dan berat telurnya.

Selain stres internal, ayam juga akan merasakan stres eksternal yang disebabkan oleh fluktuasi suhu serta kelembapan dan kadar amonia yang tinggi. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi kandang yang tidak terawat dengan baik.

Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan pada ayam petelur bisa menimbulkan dampak yang kurang baik terlebih pada saat stimulasi cahaya. Pada awal produksi, penambahan berat badan memiliki hubungan dengan program pencahayaan sehingga level esterogen dalam tubuh lebih tinggi. Hormon esterogen akan menciptakan efisiensi dalam memanfaatkan energi di dalam pakan dan jika berlebihan malah akan menjadi lemak.

Oleh karena itu, pada ayam yang kegemukan akan berbahaya jika level esterogen sangat tinggi. Ayam kegemukan akan sulit membentuk sel telur secara berlebihan pada ovariumnya. Sel-sel telur besar dan matang akan terlepas dari ovarium secara tidak beraturan. Jika jarak pelepasan sel telur satu dengan yang lain hanya tiga jam, ayam ini akan menghasilkan double yolk.

Program pencahayaan

Baca Juga:  Mengatasi Permasalahan Harga Telur yang Fluktuatif Tidak Menentu

Cahaya menjadi salah satu indikator perangsang pembentukan telur double yolk. Jika sudah terjadi double yolk, akan mengakibatkan penurunan jumlah telur tetas dan perolehan jumlah telur.

Kelebihan jatah makan pada awal produksi

Saat awal produksi, ayam yang mendapatkan kelebihan jatah makan akan dapat mengalami pelepasan sel telur dari ovarium yang tidak beraturan dan berlebihan.

Loading...
Loading...