Ternyata Kiwi Lebih Menyehatkan Tanpa Dikupas Kulitnya


Pertanianku—Buah kiwi merupakan sumber serat dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi ketimbang jeruk. Namun, benarkah kiwi lebih menyehatkan tanpa dikupas kulitnya?

kiwi lebih menyehatkan tanpa dikupas kulitnya
Shutterstock

Presenter ABC Radio Adelaide di Australia, Ali Clarke, membuat rekan kerjanya keheranan saat dia memakan buah kiwi dengan kulitnya yang belum dikupas. Selama ini, orang biasanya hanya memakan isi buah kiwi dan membuang kulitnya.

Namun, dengan bangga dia menyebut bahwa memakan buah kiwi tanpa dikupas jauh lebih sehat. Bahkan, menurutnya jika rasanya lebih pahit justru akan semakin baik. Bahkan pakar gizi, Rosemary Stanton membernarkan hal itu. “Tidak apa-apa sepanjang kulitnya bersih,” katanya.

“Sepanjang tidak disentuh oleh seseorang yang tangannya kotor. Tidak ada masalah sama sekali,” lanjut Dr. Stanton.

Ia menjelaskan bahwa kulit buah kiwi mengandung serat tambahan. Selain itu, bibit buah ini sekarang dikembangkan supaya kulitnya memiliki sedikit bulu.

“Peneliti buah kiwi mengembangkan kultivar buah ini sehingga kulitnya tidak perlu lagi dikupas karena cukup mengganggu,” ujar Dr. Stanton.

Selain buah kiwi, ada buah dan sayur lainnya yang juga lebih sehat jika dikonsumsi beserta kulitnya. Dr. Stanton mengatakan, kentang juga sebenarnya lebih baik dimakan bersama kulitnya.

“Fungsi utama kulit kentang itu adalam menahan vitamin C dan vitamin lainnya saat dimasak,” katanya.

Labu yang dipanggang bersama kulitnya juga baik bagi kesehatan kita. “Jika memakan kulitnya, kita akan mendapat tambahan serat,” jelas dia.

“Kita cuma perlu memastikan kulit tersebut bersih sehingga kita tidak mendapatkan penyakit,” katanya menambahkan.

Sementara itu, Seb yang juga seorang pendengar ABC Radio Adelaide mengaku suka makan pisang dengan kulitnya. Ia mengatakan, khususnya jika pisangnya sudah agak lembek dan kulitnya mulai sedikit menghitam.

Baca Juga:  Atasi Kanker Serviks dengan Tanaman Herbal

“Kulit pisang mengandung zat yang sebenarnya agak pahit. Mungkin Anda akan merasakan agak sepat di mulut,” ujar Dr. Stanton.

Akan tetapi, ia memperingatkan jika kulit pisang itu telah disemprot, maka bisa saja mengandung sisa bahan kimiawi. Oleh karena itu, dia tidak merekomendasikan memakan buah pisang bersama kulitnya.