Ternyata Kulit Pisang Punya Manfaat Kesehatan, Lho!


Pertanianku — Pisang adalah buah yang sangat terkenal di dunia dan mungkin menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi yang memberikan sumber energi tinggi. Setelah dikupas, buahnya tentu akan masuk ke dalam perut dan kulitnya masuk ke tempat sampah. Tapi tahukah Anda bahwa kulit pisang punya manfaat kesehatan tersendiri?

kulit pisang punya manfaat kesehatan
Foto: Pixabay

Seperti dilansir dari Zeenews, berikut beberapa manfaat kulit pisang bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui.

  1. Obati psoriasid

Oleskan kulit ke area yang terkena psoriasis atau peradangan kronis yang menyebabkan kulit bersisik. Kulit pisang memiliki khasiat pelembap dan juga dapat mengurangi gatal.

  1. Menghilangkan kutil

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti kutil, maka solusinya gunakan kulit pisang. Cukup gosok kulit pisang di bagian kutil secara teratur. Metode ini juga dipercaya akan mencegah kutil muncul kembali di masa depan.

  1. Perawatan kulit berjerawat

Pisang sangat bagus untuk perawatan kulit. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menggosok kulit pisang pada bagian wajah, khususnya di daerah bermasalah seperti jerawat dan biarkan selama 30 menit. Lakukan ini setiap hari sampai mulai terlihat perbedaannya.

Kulit pisang juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Campurkan kuning telur dengan kulit pisang yang sudah ditumbuk. Lalu, oleskan campuran ini ke wajah dan cuci bersih setelah 5 menit.

  1. Perlindungan sinar ultraviolet

Kulit pisang membantu melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Pastikan kamu mengoleskan dan menggosok kulit pisang di area sekitar mata sebelum terpapar sinar matahari. Hal ini juga terbukti bisa mengurangi risiko katarak.

  1. Pemutih gigi alami

Gigi yang menguning pastinya akan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Nah, kulit pisang dipercaya dapat memutihkan gigi secara alami. Gosok kulit pisang secara teratur selama dua minggu pada gigi. Anda pasti akan mulai melihat hasilnya dengan segera.

Baca Juga:  Teknik Bertanam Mangga Alpukat dalam Pot agar Berbuah Lebat

Tips penting yang harus Anda ingat, yaitu selalu gunakan kulit pisang segar untuk hasil terbaik. Jangan sekali-kali menyimpan pisang yang belum dikupas dalam waktu yang lama. Konsumsilah pisang segera setelah dikupas, begitupun kulitnya harus gunakan dengan segera. Simpan pisang di tempat sejuk dan kering, serta jauhkan dari panas atau sinar matahari.

loading...
loading...