Ternyata Semut Bermanfaat untuk Kebun Anda


Pertanianku — Semut mungkin adalah serangga paling umum yang sering menyusup ke kebun Anda. Terkadang, menjadi sulit untuk mengendalikan jumlah mereka, karena selalu meningkat drastis. Namun demikian, ternyata semut bermanfaat untuk kebun Anda. Nah, apa saja manfaat semut bagi kebun Anda? Simak ulasan berikut.

semut bermanfaat untuk kebun
Foto: Pixabay

Pertama, mari kita pahami perilaku semut terlebih dahulu. Semut kebanyakan hidup dengan koloni, dimana banyak semut betina yang biasanya tidak berkembang biak. Peran utama mereka adalah mengumpulkan makanan, membangun sarang, dan merawat telur ratu.

Pada waktu-waktu tertentu, semut bersayap dan betina diundang untuk tujuan kawin. Semut jantan mati dengan cepat dan semut betina melanjutkan pekerjaan mereka. Semut betina yang telah dikawinkan melepaskan sayapnya dan pindah ke koloni yang berbeda.

Setelah memahami semut, saatnya kita mmengetahui manfaat semut untuk kebun Anda.

Beberapa spesies semut termasuk semut api dan semut pencuri berperan sebagai hama karena memiliki kemampuan yang bisa memengaruhi pertumbuhan tanaman. Meskipun demikian, ternyata kebanyakan spesies semut bermanfaat bagi tanaman.

Saat sarang semut di tanah, mereka menggali labirin seperti terowongan yang memungkinkan tanah menyerap udara dan menjaga kelembapannya. Hal ini merupakan sebuah fenomena yang mengesankan untuk membantu pertumbuhan tanaman. Daun yang dibawa oleh semut akan membusuk dan berfungsi sebagai pupuk aktif untuk tumbuhan, dan ini merupakan fenomena alam (lagi).

Semut predator memakan serangga kecil lainnya yang merupakan ancaman untuk tumbuhan, terutama rumput di kebun Anda. Dalam proses pengumpulan makanan, semut bertindak sebagai penyerbuk dan juga mendistribusikan bibit.

Ketika berhadapan dengan serangga lain, semut menggunakan antena mereka untuk memukul serangga itu. Hal itu memungkinkan pelepasan cairan baik yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman pada tahap awal pertumbuhannya.

Baca Juga:  Faktor Penyebab Tanaman Terserang Hama

Untuk itu, jangan membasmi beberapa spesies semut yang bukan merupakan ancaman utama bagi kebun Anda. Sebab, sebagian besar spesies semut itu berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rumput dan beberapa tanaman kebun lainnya.