Ternyata Ternak Kroto Sangat Menguntungkan

Pertanianku — Saat ini harga kroto masih cukup menjanjikan sehingga banyak orang tertarik untuk memulai ternak kroto. Ternak kroto dapat dilakukan dengan mudah, langsung di rumah dalam waktu yang singkat.

ternak kroto
foto: pixabay

Kroto biasanya digunakan sebagai pakan alami burung kicauan. Meningkatnya tren memelihara burung kicauan membuat permintaan terhadap kroto juga mengalami peningkatan. Sayangnya, populasi kroto di alam bebas mulai susah didapatkan karena sebagian besar permintaan kroto masih dipenuhi dari hasil tangkapan di alam.

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa kroto dapat diternakkan. Anda bisa membaca lebih lengkap lagi bagaimana cara ternak kroto yang baik dan mendatangkan keuntungan di buku Solusi Permasalahan Ternak Kroto yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.

Loading...

Permintaan yang tinggi

Survei yang dilakukan oleh Kroto Research Institute pada 2008—2013 memaparkan fakta bahwa permintaan pasar di Jakarta dan sekitarnya terhadap kroto mencapai ratusan kilogram setiap harinya. Itu baru di seputaran Jakarta, bagaimana jika permintaan kroto di seluruh kota di Indonesia digabungkan. Pasti akan mendapatkan angka fantastis.

Saking banyaknya permintaan kroto, para pengepul sampai berani memberikan uang muka kepada para pemburu telur semut. Bayangkan jika Anda beternak kroto, tidak perlu susah-susah mencari kroto di pohon-pohon yang tinggi. Anda hanya perlu menunggu waktu panen tiba, keuntungan pasti langsung bisa didapatkan.

Tidak bisa hanya mengandalkan tangkapan dari alam

Para pemburu akan mencari telur semut dari pukul 06.00 menuju hutan sambil membawa galah setinggi 6 m. Pengambilan kroto pada satu pohon tidak bisa diambil semuanya, harus disisakan 2—3 sarang. Tujuannya, menjaga produktivitas telur semut. Setelah itu, telur kroto harus segera dibawa pulang karena telur hanya bisa bertahan selama 10 jam.

Baca Juga:  Penyebab Produksi Ayam Petelur Menurun dan Panen Kurang Maksimal

Jika kroto diternakkan, hasil yang akan didapatkan lebih banyak sehingga mampu memenuhi seluruh permintaan pasar. Namun, peternak kroto pun masih sedikit sehingga hal ini masih menjadi peluang yang bagus untuk Anda.

Harga cenderung stabil

Permintaan yang masih tinggi, sedangkan suplai komoditas masih rendah membuat harga kroto masih cenderung stabil bahkan baik. Dengan begitu, ternak kroto mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan bagi para peternak.

Loading...
Loading...