Terong Beracun, Bisa Bikin Orang Tertawa, Seperti Apa Ya?


Pertanianku — Terong susu (Solanum mammosum) adalah tanaman hias dengan buah berbentuk lucu karena menyerupai puting susu sapi. Terong beracun ini bisa membuat orang tertawa karena bentuknya yang lucu dan unik itu.

Terong beracun
Foto: Google Image

Buah ini memiliki banyak nama dalam bahasa Inggris, tetapi lebih sering disebut tyty fruit atau nipple fruit. Tidak seperti sepupunya, kentang dan tomat, yang bisa dimakan sebagai sayur-sayuran, terong susu ini bersifat sebaliknya.

Jika Anda memakannya, maka perlu segera mencari pertolongan dokter di rumah sakit karena tanaman ini sangat beracun. Meski beracun bagi manusia, faktanya buah ini tetap memiliki khasiat obat. Terong susu ini berkhasiat mengobati tetchihness atau yang umum dikenal dengan penyakit kaki atlet.

Dilansir dari Kuriositas, Senin (16/4), buah ini bisa ditemukan di seluruh Asia, termasuk Indonesia tepatnya di daerah Jawa. Di Cina, buah ini dikenal dengan nama five fingered eggplant, sedangkan di Jepang dikenal dengan nama fox face.

Terong susu memiliki daun-daun penuh duri dan bunga bewarna ungu. Dia tumbuh seukuran pohon apel kecil. Tanaman ini kadang dijual di negara barat sebagai tanaman Mickey Mouse sebab jika melihat buah ini dari arah tertentu, akan menyerupai kepala Mickey Mouse.

Di Cina, buah ini dianggap sangat menguntungkan jika ditanam di pekarangan rumah, khususnya menjelang Tahun Baru, karena warnanya yang kuning cerah. Terong susu ini sering disusun menyerupai pohon natal.

Di Kanton, masyarakat menanam buah ini karena memiliki lima jari yang berarti mereka berdoa semoga keluarga mereka akan diberkati hingga lima generasi dan diberikan keturunan laki-laki.

Lima generasi ini kelak akan menjadi harmonis dan membawa kesejahteraan bagi keluarga serta menunjukkan bahwa keluarga tersebut berumur panjang.