Tertarik Budi Daya Daun Sirih? Ini Triknya!

Pertanianku – Daun sirih memiliki banyak manfaat, baik menjaga kesehatan mulut maupun untuk kesehatan organ kewanitaan. Berikut ini ulasan mengenai cara budi daya tanaman sirih yang bisa Anda aplikasikan di rumah.

Tertarik Budi Daya Daun Sirih? Ini Triknya!

Teknik budi daya daun sirih

Loading...

Terdapat 3 macam teknik budi daya daun sirih seperti stek, runduk, dan stek air. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, tiga cara tanam yang direkomendasikan tadi harus Anda lakukan dengan benar.

  1. Budi daya daun sirih dengan metode stek

Bagi Anda yang ingin budi daya daun sirih dengan stek, inilah langkah yang harus dilakukan. Cara ini terbilang paling mudah. Pertama, siapkan media tanam untuk stek, yaitu tanah, pasir, dan juga pupuk kompos. Pastikan perbandingan untuk bercocok tanam menggunakan media tersebut memiliki jumlah yang tepat, yaitu perbandingan 3:1:3. Setelah itu, masukkan bahan yang Anda siapkan tersebut ke polybag berdiameter 10 cm.

Media penanaman untuk sirih harus dilubangi terlebih dahulu bagian bawahnya. Setelah itu, Anda harus menyediakan batang sirih yang usianya sudah tua. Potong batang sirih tersebut kira-kira dua ruas kemudian rendam batang ini dalam air biasa kira-kira 15 menit. Selanjutnya, angkatlah dari rendaman.

Masukkan hasil stek ini ke media tanam yang akan disediakan. Ini nantinya menjadi bakalan dari pohon sirih yang baru. Anda juga harus melakukan perawatan yang tepat. Tanamlah sirih di media yang teduh dan selalu analisis pertumbuhannya setiap hari. Jika Anda menemukan adanya infeksi atau serangan dari hama, segeralah gunakan pestisida atau bakterisida agar infeksi yang terjadi tidak semakin parah.

  1. Budi daya daun sirih dengan metode merunduk

Jenis sirih yang bisa Anda temukan salah satunya adalah sirih merah. Tanaman yang satu ini bisa dibudidayakan dengan menggunakan metode merunduk. Bagaimana cara melakukannya? Pilih batang daun sirih yang sudah cukup panjang, kemudian letakkan batang tersebut di tanah atau media yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah beberapa minggu, akar tanaman ini akan muncul dan tumbuh lagi batang sirih baru yang sudah siap untuk dipotong.

Baca Juga:  Sembuhkan Flu akibat Udara Dingin di Musim Hujan

Apabila Anda melakukan semuanya dengan benar, tanaman ini akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Pertumbuhan tanaman sirih terbilang cukup unik karena terjadi secara merambat dan bersandar pada pohon lain. Sirih bisa memiliki batang pohon yang tingginya mencapai 5—15 meter. Tanaman yang kaya manfaat ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan Anda untuk peluang bisnis.

  1. Budi daya daun sirih dengan metode stek air

Sirih hijau bisa ditanam dengan menggunakan metode stek air. Untuk pemula, budi daya sirih metode stek air cukup mudah diaplikasikan. Potonglah batang sirih yang sudah Anda sediakan, kemudian rendam batang tersebut di dalam air. Tunggu sampai batang tersebut mengeluarkan akar. Ingat pada saat melakukan proses ini batangnya saja yang harus direndam, bukan daunnya.

Perawatan daun sirih

Usahakan Anda menyiram pohon sirih setiap hari. Penyiraman yang dilakukan secara rutin akan membuat tanaman ini tumbuh dengan cepat. Jika dilakukan dengan baik, budi daya sirih bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena karena manfaatnya yang luar biasa.

Loading...
Loading...