Tertarik Budidaya Ikan Kerapu? Simak Dulu Segmen Bisnis ikan Kerapu

Pertanianku — Dalam bisnis ikan kerapu Anda dapat menggunakan segmen bisnis agar usaha yang dijalankan menghasilkan keuntungan maksimal. Anda harus mampu menentukan segmen yang tepat. Namun, tidak menutup kemungkinan juga Anda dapat menjalankan seluruh segmen bisnis budidaya ikan kerapu. Berikut ini beberapa segmen bisnis ikan kerapu yang dapat Anda tekuni.

BISNIS IKAN KERAPU
foto: pertanianku

Telur

Telur ikan kerapu hasil pemijahan dapat langsung dijadikan komoditas dan dijual. Telur ikan kerapu memiliki nilai ekonomi sehingga mampu mendatangkan keuntungan bagi pembudidaya. Sayangnya, saat ini telur kerapu hanya bisa didapatkan dari balai benih seperti instansi pemerintahan atau pembenihan yang sudah berskala besar, seperti di Gondol (Bali) dan Situbondo (Jawa Timur).

Loading...

Pembenihan

Segmen pembenihan merupakan usaha untuk melakukan pemijahan pada ikan yang akan menghasilkan telur hingga menjadi benih yang selanjutnya dapat diperjualbelikan. Benih tersebut nantinya akan dibeli dan dibesarkan lebih lanjut. Ukuran benih yang sudah dapat dijual minimal 1 inci atau lebih.

Segmen usaha ini memiliki keuntungan yang menjanjikan karena permintaan terhadap benih ini selalu naik dari tahun ke tahun. Permintaan pun bukan hanya berasal dari dalam negeri, melainkan juga berasal dari luar negeri. Segmen pembenihan pun dapat dilakukan pada skala rumah tangga.

Pendederan

Pendederan merupakan segmen usaha yang menghasilkan benih berukuran besar dan sudah siap dibesarkan pada segmen pembesaran. Tujuan fase pendederan adalah menyiapkan benih yang bagus dan kuat untuk masuk ke fase pembesaran. Pendederan dapat dilakukan pada tambak atau KJA (keramba jaring apung). Ukuran benih yang dapat dijual dari fase pendederan biasanya berukuran 2—3 inci, 4—5 inci, atau ukuran yang lebih besar lainnya.

Pembesaran

Segmen pembesaran merupakan usaha yang dilakukan untuk memelihara benih yang sudah didederkan hingga berukuran ikan siap konsumsi. Ikan kerapu tidak memiliki standar ukuran khusus sehingga Anda sudah dapat memanen ikan konsumsi saat ukurannya masih sekitar 300 gram per ekor. Namun, Anda juga bisa memanen ikan yang sudah berukuran 500 gram, 600 gram, atau lebih besar lagi.

Baca Juga:  Jangan Berlebihan Saat Memberikan Pakan Ikan Nila
Loading...
Loading...