Tertarik Menanam Jambu Biji di Pot? Simak Tipsnya

Pertanianku — Jambu biji bisa ditanam di pot dan hal ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki keterbatasan lahan pekarangan rumah. Tajuk jambu biji cukup mudah dibentuk sehingga tidak memerlukan perawatan khusus ketika ditanam di pot. Cara menanam jambu biji di pot juga terbilang cukup mudah, yang perlu Anda lakukan ialah mempersiapkan kebutuhannya.

menanam jambu biji di pot
foto: Pertanianku

Agar proses menanam berhasil, berikut ini beberapa tips menanam jambu biji di pot.

Pilih varietas yang tepat

Pada dasarnya semua varietas jambu biji bisa ditanam di pot, tetapi akan lebih mudah dipelihara jika varietas jambu biji yang digunakan memiliki tajuk yang bisa dibentuk pendek.

Perhatikan sistem perakarannya

Bibit yang akan ditanam di pot sebaiknya memiliki sistem perakaran serabut dan dangkal agar tidak merusak pot. Bibit dengan perakaran yang tunggang dan kuat dikhawatirkan dapat merusak pot sehingga Anda harus sering mengganti pot.

Pemilihan pot

Pot yang bagus dapat menunjang bentuk tanaman dan menambah estetika. Oleh karena itu, Anda perlu memilih pot dengan bentuk dan ukuran yang sesuai agar bisa menopang tajuk tanaman.

Lokasi penyimpanan

Tanaman jambu biji menyukai sinar matahari sehingga pot jambu biji perlu diletakkan di daerah yang terkena sinar matahari secara langsung sekitar 70 persen agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Media tanam

Media tanam yang digunakan harus mengandung bahan organik yang tinggi dan ringan. Usahakan media tanam yang dipakai tidak hanya berupa tanah. Hal ini karena tanah merupakan media tanam yang berat dan mudah mengering sehingga tidak bagus untuk perakaran jambu biji di pot.

Harus dirawat dengan rajin

Tabulampot perlu dirawat dengan rajin karena kebutuhan nutrisi serta airnya hanya bisa dipenuhi dari Anda. Oleh karena itu, Anda tidak boleh abai dalam pemberian pupuk dan air.

Baca Juga:  Soil Block Membuat Budidaya di Kampung Cabai Lebih Efisien dan Ramah Lingkungan

Lakukan pemangkasan

Pohon jambu biji yang dipelihara di pot perlu dipangkas agar sosoknya tidak terlalu rimbun. Tajuk tanaman yang berada di luar pot sebaiknya diatur agar tidak terlalu besar dan rimbun. Sebab, hal tersebut bisa menyusahkan proses pemeliharaan. Usahakan ukuran pot dan besar tajuk tanaman terlihat proporsional.