Tiap Tahun Ekspor Produk Pertanian Meningkat 29 Persen


Pertanianku — Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengklaim bahwa hingga 2018, produk pertanian Indonesia telah mengalami surplus dan mampu meningkatkan ekspor sebanyak 10 juta ton. Dia mengatakan, setiap tahunnya ekspor produk pertanian meningkat 25—29 persen.

ekspor produk pertanian meningkat
Foto: Pixabay

“Tahun 2013 kita hanya ekspor sebesar 33 juta ton komoditas pertanian, tapi di 2018 kita bisa ekspor 42 juta ton. Artinya, ada peningkatan sebesar 10 juta ton,” kata Amran seperti dikutip dari Republika, Senin (18/3).

Kendati demikian, ia menyesalkan adanya tudingan dari beberapa pihak akan kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) yang dinilai tidak mampu meningkatkan produktivitas ekspor. Padahal menurutnya, Kementan telah melakukan beberapa upaya yang dapat mendukung produksi di dalam aktivitas tani.

Amran mencontohkan salah satunya, yaitu pemanfaatan lahan rawa yang telah menuai hasil setelah tiga tahun melalui proses penelitian. Dia memaparkan, sepanjang proses penelitian pemanfaatan lahan rawa, pihaknya mengajak akademisi dan peneliti untuk mencari bibit yang cocok dengan kapasitas lahan rawa.

“Ada 34 juta hektare lahan rawa yang belum tergarap, ini nanti akan menjadi kekuatan besar pertanian kita,” tuturnya.

Amran juga menambahkan, produk domestik bruto (PDB) pertanian dalam kurun waktu 2013 hingga akhir 2018 mencapai peningkatan. Di mana pada 2013, PDB pertanian berkisar Rp900 triliun sementara pada 2018 berkisar 1.437 triliun. Dia menilai, kenaikan PDB pertanian sudah sangat signifikan dan hampir separuh dari anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN) Indonesia.

Selain itu, saat ini inflasi pangan di Indonesia telah turun menjadi satu persen pada 2017 setelah sebelumnya sempat menyentuh angka 10 persen pada 2013. Guna mengakselerasi produktivitas hasil tani, pihaknya memberlakukan pembelian bibit unggul dan memastikan ketersediaan bahan baku produksi di tingkat petani dapat terjaga.

Baca Juga:  Kementan Beri Bantuan Pertanian untuk Petani Sulsel

“Kita bisa lihat sekarang, harga ayam, cabai, semua dalam posisi aman saat ini. Ini sudah cukup, bahkan kita mampu ekspor,” katanya.

loading...