Tiap Warna Paprika Ternyata Berbeda Rasa dan Nutrisi

Pertanianku Warna paprika terkenal bervariatif, seperti hijau, merah, oranye, dan kuning. Tiap warna paprika tersebut ternyata memiliki perbedaan dari segi rasa hingga nutrisi. Tanaman buah ini sering digunakan sebagai campuran dan bahan tambahan untuk mempercantik penampilan makanan.

warna paprika
Foto: pixabay

Tak hanya itu, sebetulnya paprika juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Paprika berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, antioksidan, mengurangi risiko stroke, mengurangi risiko jantung, mengurangi penyakit arteri perifer, dan menurunkan kolesterol yang tinggi.

Warna paprika pada dasarnya berkaitan dengan tingkat kematangan buah dan waktu panen. Paprika hijau dipetik sebelum benar-benar matang. Buah paprika yang akan matang berwarna kuning dan oranye. Sementara itu, paprika yang sudah matang berwarna merah.

Paprika hijau

Paprika hijau memiliki rasa yang getir, bahkan cenderung ada sedikit rasa pahit. Kandungan nutrisi di dalam paprika hijau terbilang paling sedikit. Pasalnya, paprika dipetik lebih awal sehingga kandungan vitamin A, C, dan B6-nya relatif lebih sedikit. Namun, satu porsi paprika hijau mampu memenuhi 200 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Harga paprika hijau cenderung lebih murah dibanding paprika lainnya. Meski rasa serta nutrisinya tidak seunggul paprika yang lain, daya simpan paprika hijau relatif lebih lama.

Paprika kuning

Paprika kuning dan oranye cenderung terasa sedikit manis dengan kandungan vitamin yang lebih banyak dibanding paprika hijau. Paprika ini dipetik saat menjelang matang.

Paprika merah

Paprika merah memiliki rasa manis dengan kandungan vitamin lebih banyak. Hal ini karena buah tersebut sudah mengalami proses pematangan yang sempurna. Kandungan betakaroten di dalam paprika merah lebih banyak sembilan kali lipat dari paprika hijau. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga lebih banyak dua kali lipat.

Baca Juga:  Media Tumbuh yang Tepat untuk Budidaya Jamur Merang

Paprika merah memang lebih baik digunakan dalam masakan, tetapi Anda harus hati-hati karena paprika merah sudah terasa manis. Rasa manis tersebut dikhawatirkan membuat makanan terasa lebih manis lagi. Harga paprika merah terbilang lebih mahal. Hal ini disebabkan oleh rasa serta nutrisi yang terkandung di dalamnya.