Tidak Banyak yang Tahu, Ini Daftar Tanaman Mematikan

Pertanianku — Di dunia, ada banyak sekali spesies flora dan fauna yang tersebar di berbagai penjuru. Banyak di antaranya bermanfaat bagi kehidupan manusia. Namun, tidak sedikit yang justru berbahaya bila digunakan dengan tidak hati-hati. Berikut ini beberapa jenis tanaman mematikan yang wajib Anda waspadai.

tanaman mematikan
foto: pixabay

Water hemlock

Nama ilmiah dari water hemlock adalah Cicuta maculata. Tanaman ini memiliki racun yang mematikan bernama cicutoxin. Meskipun tidak berbahaya ketika mengenai kulit, racun cicutoxin dapat membahayakan nyawa manusia saat masuk ke tubuh.

Loading...

Keracunan water hemlock dapat ditandai dengan kram pada bagian perut, kedutan pada bagian otot, kejang-kejang, dan bila tidak segera diatasi dapat berujung kematian. Racun cicutoxin sendiri dapat merusak organ dalam manusia.

Abrus precatorius

Ciri tanaman Abrus precatorius adalah biji berwarna merah yang tampak mencolok. Walaupun menarik, biji ini sangat berbahaya bila masuk ke saluran pencernaan manusia. Kandungan dalam biji Abrus precatorius berupa abrin yakni senyawa beracun. Akibatnya, manusia yang mengonsumsinya dapat menderita diare, muntah, tremor, gagal ginjal, dan gagal jantung.

Bunga terompet

Tanaman yang satu ini mungkin lebih familiar bagi sebagian orang. Bunga terompet atau nama latinnya Brugmansia ini merupakan tanaman hias yang banyak ditanam di bagian luar rumah untuk mempercantik halaman.

Siapa sangka bila tanaman ini, terutama bagian bunganya, mengandung skopolamin dan atropin, dau jenis zat yang berbahaya bila terkonsumsi manusia. Skopolamin dapat mengakibatkan seseorang menderita demam, muntah, gelisah, kebingungan, berhalusinasi, kejang, bahkan melemahkan pernapasan manusia.

Di sisi lain, atropin juga tidak kalah berbahaya. Bunga yang berbentuk seperti terompet ini mengandung zat yang dapat membuat pengonsumsinya mengalami pandangan kabur, detak jantung cepat, hilang keseimbangan, mual, pusing, dan sensitif terhadap cahaya.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Menyembuhkan Varises

White snakeroot

Terakhir, ada tanaman bernama ilmiah Ageratina altissima yang tidak kalah berbahaya bagi manusia. Bila Anda pernah melihatnya di pekarangan atau pinggir jalan, sebaiknya hindari mengonsumsi tanaman liar ini.

Dalam tanaman white snakeroot ini mengandung racun berbahaya bernama tremetol. Tremetol dapat menyebabkan gemetar, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, lemas, dan dalam kasus ekstrem dapat menyebabkan kejang, koma, dan kematian.

Loading...
Loading...