Tidak Selalu di Lahan, Menanam Wortel Bisa di Pot

Pertanianku — Saat ini hampir semua jenis tanaman sayur mulai dikembangkan untuk ditanam di pot, seperti kangkung, sawi, bayam, cabai, terung, dan wortel. Tanaman wortel yang selama ini terkenal ditanam di lahan ternyata juga bisa ditanam di pot. Menanam wortel di pot memerlukan persiapan yang matang mulai dari pot hingga wadah tanamnya. Mengingat umbi wortel ini tumbuh memanjang di dalam tanah sehingga pot yang digunakan harus memiliki tinggi lebih dari 30 cm dan lebar 15 cm.

menanam wortel
foto: Pixabay

Untuk mendukung pertumbuhan umbi wortel menjadi maksimal, kedalaman media tanam sebaiknya sekitar 30—40 cm. Simak lebih lanjut langkah-langkah menanam wortel di pot.

  • Tanam benih wortel langsung di pot permanen yang berisi campuran media tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Benih wortel tidak perlu disemai terlebih dahulu untuk menghindari umbi wortel yang bercabang.
  • Jaga kelembapan media tanam dengan melakukan penyiraman sekali sehari atau dua kali sehari jika media sudah kering.
  • Lakukan pemupukan (pupuk kandang) sejak tanaman berumur dua minggu, satu bulan, dan 1,5 bulan setelah tanam. Dosis yang digunakan 50 gram per pot.
  • Rawat tanaman dengan melakukan penyiangan dan pendangiran. Tujuannya adalah pertumbuhan tanaman tidak terganggu oleh gulma dan menjaga akar tanaman agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Lakukan pemanenan tepat waktu. Umumnya, wortel dapat dipanen setelah 100 hari, bergantung pada jenisnya. Pemanenan tidak boleh terlambat karena umbi akan semakin mengeras (berkayu) sehingga tidak disukai karena wortel tidak enak untuk dikonsumsi. Akibatnya, umbi wortel tersebut tidak bisa digunakan.
  • Panen umbi dengan cara mencabut umbi beserta akarnya. Untuk memudahkan pencabutan, sebaiknya tanah digemburkan dahulu. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar wortel dapat segera dipasarkan atau langsung diolah dalam keadaan segar.
Baca Juga:  Kandungan Super Ajaib Pepaya, Buah Murah yang Kaya Manfaat

Hasil maksimal bisa Anda dapatkan jika perawatan dilakukan dengan cara yang benar dan teratur. Oleh karena itu, jangan pernah malas untuk melakukan perawatan tanaman setiap hari.