Tidak Selamanya Menyebalkan, Getah Pepaya Juga Punya Manfaat

Pertanianku— Bagi sebagian orang getah pepaya dapat menyebabkan gatal, ruam panas, kemerahan pada kulit, dan kering. Selain itu, getah pepaya dapat meninggalkan noda yang cukup susah dihilangkan. Namun, sebenarnya getah pepaya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat getah pepaya disebabkan oleh adanya enzim pemecah protein yang dikenal dengan nama papain. Enzim tersebut sering digunakan dalam industri farmasi.

getah pepaya
foto: Pertanianku

Enzim papain terdapat di dalam buah, daun, batang, dan getah. Namun, kandungan enzim papain yang paling bagus berasal dari buah.

Selain itu, manfaat getah pepaya juga digunakan pada dunia kecantikan karena mengandung 50 asam amino seperti serin, prolin, treinin, valine, isoleusin, arginine, lysine, dan lain-lain. Seluruh kandungan tersebut digunakan sebagai bahan baku kosmetik yang dapat bermanfaat untuk menghasilkan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Masih ada banyak manfaat getah pepaya yang perlu Anda ketaui, simak berikut ini ulasannya.

Mengobati kulit melepuh

Bagian kulit yang melepuh terkena air panas dapat diatasi dengan mengoleskan getah pepaya dan diamkan semalam. Namun jika luka cukup besar, Anda dapat memarut pepaya yang masih muda dan menempelkan pada luka.

Mengatasi tumit pecah-pecah

Saat musim panas atau musim kemarau, masalah tumit pecah-pecah sering mendera. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan getah buah ini dengan cara digosokkan ke bagian tumit yang pecah, kemudian biarkan selama 15 menit dan cuci dengan air bersih. Anda dapat melakukannya 1 kali sehari agar lebih efektif.

Mengobati sakit gigi

Manfaat getah pepaya berikutnya adalah mampu mengobati sakit gigi. Caranya, pilih buah pepaya yang masih muda, kemudian bersihkan. Ambil getahnya menggunakan kapas dan teteskan pada gigi yang sakit.

Baca Juga:  Kandungan Super Ajaib Pepaya, Buah Murah yang Kaya Manfaat

Mengobati luka bakar

Sebenarnya, hal yang perlu dilakukan pertama ketika kulit terbakar adalah pendinginan. Ini berlaku sejak 30 menit pertama dengan menyiram air. Setelah itu, ambil pepaya muda dan cuci hingga bersih, kemudian oleskan getahnya pada luka. Getah mampu mencegah luka menjadi lebih parah pada kulit.