Tiga Cara Pemanfaatan Kotoran Sapi dengan Optimum

Pertanianku — Sering dianggap limbah, pemanfaatan kotoran sapi sebenarnya sangat mungkin dilakukan. Kotoran sapi yang diolah dapat memiliki nilai jual. Dengan begitu, jika Anda melakukan budidaya sapi ternak, Anda juga dapat memperoleh penghasilan tambahan dari penjualan produk kotoran sapi ini.

pemanfaatan kotoran sapi
Foto: pixabay

Pupuk kandang

Pemanfaatan kotoran sapi sebagai pupuk kandang sangat mungkin dilakukan karena kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium yang cukup tinggi pada kotoran ini. Banyaknya kandungan ini ditentukan oleh bobot sapi.

Loading...

Pupuk kandang banyak dimanfaatkan karena dapat membantu tanah menyerap air hujan. Selain itu, pupuk kandang juga dinilai mampu memperbaiki kemampuan tanah dalam mengikat air sehingga membantu tanah mengurangi erosi. Pupuk kandang juga memberikan lingkungan tumbuh yang baik bagi biji dan akar karena kaya unsur hara.

Pembuatan pupuk kandang dapat dilakukan dengan dua cara, yakni cara terbuka dan cara tertutup. Keduanya disajikan secara lengkap dalam buku Panduan Lengkap Sapi Potong yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.

Biogas

Selain pupuk kandang, kotoran sapi juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan biogas. Biogas sendiri merupakan gas yang timbul dari bahan organik, misalnya kotoran hewan, yang direndam dalam air dan disimpan dalam tempat tertutup tanpa oksigen.

Bakteri metanogenetik dapat mengubah bahan organik menjadi biogas. Fermentasi tersebut terbentuk dari 50—70 persen berupa gas metana, 30—40 persen berupa gas karbon dioksida, dan sisanya 5—10 persen berupa hidrogen. Gas lain juga dapat terbentuk tapi dalam jumlah yang sangat sedikit.

Bioarang

Terakhir, pemanfaatan kotoran sapi juga dapat menjadi bahan baku pembuatan bioarang. Produk bioarang memang tidak sepopuler pupuk kandang ataupun biogas. Bioarang sendiri adalah arang dari hasil pembakaran biomassa kering. Pembakaran ini dilakukan dengan sistem tanpa udara atau dikenal juga sebagai pirolisis. Dalam hal ini, biomassa yang dimaksud adalah kotoran sapi.

Baca Juga:  Jadi Peternak Harus Kreatif

Bioarang ini memiliki banyak keunggulan dibanding jenis arang lainnya. Arang ini mampu menghasilkan panas pembakaran yang lebih tinggi dengan asap yang lebih sedikit. Bentuknya pun seragam karena dibuat dengan alat pencetak sehingga ukurannya yang sama dapat memudahkan pengguna.

Loading...
Loading...