Tiga Investor Siap Serap Buah Naga Petani Banyuwangi


Pertanianku — Tiga investor telah menyatakan kesiapannya untuk menyerap buah naga petani di Banyuwangi. Kesiapan investor ini merupakan upaya Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendorong investasi dan kemitraan. Ketiga perusahaan ini adalah PT Lumbung Mineral, PT Aneka Pangan Bergizi, dan CV Luhur.

buah naga petani
Foto: Pixabay

“Kontrak pembelian tiga perusahaan telah ditandatangani sebanyak 20 truk atau sekitar 150 ton. Tadi malam tim kami turun ke Banyuwangi, menggandeng tiga perusahaan, langsung tanda tangan nota kesepahaman dengan petani,” tutur Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Suwandi (21/1) seperti dikutip dari laman Kementan.

Suwandi menambahkan bahwa Banyuwangi merupakan salah satu sentra buah naga di Indonesia.

“Banyuwangi merupakan sentra buah naga, memasuki tahun 2019 produksi cukup meningkat pesat, sehingga over produksi,” ujarnya.

Kontrak pembelian 150 ton tersebut dilakukan oleh tiga perusahaan, total 20 truk dan direalisasikan mulai besok pagi. Penandatangan kontrak dilakukan di Kantor Dinas Pertanian Banyuwangi, Minggu malam (20/1).

“Dengan kontrak penyerapan 150 ton tersebut diharapkan sangat membantu petani dalam pemasaran, ada kepastian pasar dan harga,” tegas Suwandi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran dan Pengolahan Hasil Pertanian, Dinas Pertanian Banyuwangi, Choiri mengatakan buah naga grade A dan B sudah jelas pasarnya. Petani dan pengusaha telah menyepakati kontrak pembelian 150 ton dan pengiriman mulai 21 Januari 2019.

“Kemitraan ini menjamin pasar semakin lancar dan harga terjamin bagus, ini harus berkelanjutan,” tegasnya.

Baca Juga:  Begini Karakteristik Pisang Nangka