Tiga Jenis Bawang Putih ini Disukai Konsumen

Pertanianku — Jenis-jenis bawang putih banyak membanjiri pasar. Selain karena merupakan salah satu bumbu paling pokok dalam masakan, kandungan bawang putih pun dipercaya baik bagi pencegahan kanker. Tak heran, bila konsumsi bawang putih selalu tinggi di tingkat masyarakat.

jenis bawang putih
Foto: pixabay

Setidaknya, ada tiga jenis bawang putih yang dikenal di pasar. Bawang putih biasa yang merupakan spesies Allium sativum L., bawang kucai, dan bawang ganda.

Bawang putih Allium sativum L. merupakan tanaman umbi-umbian. Bawang ini sudah lama dibudidayakan di Indonesia. Aromanya khas karena mengandung minyak eteris. Minyak ini disebut sebagai allecin.

Loading...

Bawang putih merupakan tanaman setahun berbentuk rumput. Batangnya berbentuk cakram dan menghasilkan tunas daun dan tunas akar. Tunas-tunas daun tersebut membentuk umbi siung.

Umbi siung dibalut oleh kelopak daun sehingga menjadi umbi yang besar, bulat, dan berwarna putih. Kulit pembungkus siung-siung ini cukup tebal. Oleh karena itu, kulit siung tidak mudah pecah.

Daun bawang putih berwarna putih panjang. Bentuknya kecil, pipih, dan tidak berlubang. Bunga bawang putih terkumpul dalam bonggol pada ujung tangkai panjang yang berlubang di dalamnya. Bawang putih berbunga sempurna, warnanya putih cerah.

Sayangnya, tanaman ini belum pernah berbunga di Indonesia walaupun sudah muncul tangkai bunga yang kuat. Tangkai bunga ini berubah menjadi batang sesungguhnya yang beruas. Di beberapa ruas batang, sering dijumpai umbi-umbi kecil yang disebut sebagai umbi batang.

Ukuran buah bawang putih kecil dengan bentuk seperti kubah yang punya tiga ruangan. Buah ini tidak berdaging. Masing-masing ruangan buah tersebut terdapat dua biji yang agak lunak. Biji ini tidak tahan terkena sinar matahari.

Bawang putih jenis kedua adalah bawang kucai. Tanaman ini memiliki nama Latin Allium schoenoprasum L. Bentuknya sangat kecil, panjang, dan bulat seperti jarum. Bagian tengahnya berlubang. Kucai memiliki umbi yang berukuran kecil di bagian bawahnya. Tanaman ini enak dikonsumsi sebagai lalap dan dimasak sebagai sayur dan tumis.

Baca Juga:  Umbi Porang Diminati Pasar Dunia

Jenis bawang putih yang ketiga adalah bawang ganda. Tanaman ini dikenal juga sebagai Allium odorum L. Bentuknya kecil, panjang, dan pipih seperti bawang putih.

Di bagian bawahnya, ada umbi yang berukuran sangat kecil. Umbi ini bahkan lebih kecil dari umbi bawang kucai. Tanaman ini tumbuh secara rumpun dan memiliki banyak anakan. Bagian bawang ganda yang biasa dikonsumsi adalah daun yang masih muda.

Loading...
Loading...