Tiga Langkah Cegah Jantung Pisang Hitam

PertaniankuMengolah jantung pisang memang susah-susah gampang. Jantung pisang sendiri sudah lama dikenal sebagai bahan makanan yang cukup lezat. Rasanya yang unik dipadu dengan tekstur khas membuat jantung pisang digemari masyarakat.

Mengolah jantung pisang memang susah-susah gampang. Jantung pisang sendiri sudah lama dikenal sebagai bahan makanan yang cukup lezat. Rasanya yang unik dipadu dengan tekstur khas membuat jantung pisang digemari masyarakat.
Foto: pixabay

Sayangnya, olahan jantung pisang sering kali berubah rasa dan warna. Jantung pisang sendiri didapatkan dengan memotong bagian jantung pada pohon pisang. Karena hal ini, getah yang ada pada pohon pisang pun ikut terangkat. Getah inilah yang menyebabkan dua masalah tersebut, yakni rasa dan warna.

Getah pohon pisang bisa mengakibatkan rasa pahit pada olahan jantung pisang. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari memilih jenis pisang, memastikan tingkat kematangan jantung pisang, melakukan pengupasan hingga didapatkan jantung pisang bagian dalam, sampai perebusan sebelum pemasakan.

Loading...

Cara lain yang bisa dilakukan adalah untuk menghilangkan warna jantung pisang. Walaupun tidak memengaruhi cita rasa secara keseluruhan, warna olahan jantung pisang yang kehitaman tentu saja akan sepi penggemar.

Anda bisa melakukan beberapa cara berikut agar jantung pisang olahan bisa terhindar dari perubahan warna menjadi kehitaman.

Pertama, lakukan perebusan jantung pisang yang akan diolah. Cara ini efektif untuk menghilangkan rasa pahit pada jantung pisang. Jantung pisang yang sudah Anda pilih sebaiknya dipotong kecil-kecil terlebih dahulu sebelum direbus.

Tips perebusan yang baik agar jantung pisang Anda bebas dari warna kehitaman adalah dengan memasukkan jantung pisang ke air yang sudah mendidih. Hindari memasukkan jantung pisang ke air yang belum mendidih untuk dididihkan bersama. Hal tersebut justru akan memicu jantung pisang berubah warna.

Jangan lupa untuk menambahkan garam saat perebusan. Garam akan membantu menghilangkan rasa pahit yang tertinggal karena sisa kandungan getah yang tertinggal sebelum perebusan.

Baca Juga:  Membuat Bakso Jamur, Olahan Alternatif Bakso Daging

Jika sudah direbus hingga setengah matang atau mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, buang air bekas rebusan tersebut. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan warna kehitaman.

Peras jantung pisang setelah ditiriskan. Kembali panaskan air di atas api hingga mendidih. Masukkan jantung pisang dan rebus hingga matang. Perebusan dua kali ini berguna untuk mengurangi warna kehitaman yang mungkin terjadi saat proses pengolahan.

Jantung pisang yang sudah dua kali direbus pun siap untuk diolah lebih lanjut. Cara-cara ini bisa diterapkan agar hidangan jantung pisang buatan Anda tampak lebih menarik dengan warna yang lebih cerah.

Loading...
Loading...