Tiga Misi Indonesia untuk Pangan Dunia

Pertanianku — Beberapa waktu lalu diadakan forum rutin dua tahun sekali yang mempertemukan Menteri Pertanian yang berasal dari berbagai negara, yaitu ajang Global Forum Food and Agriculture 2020 yang berlangsung di Berlin. Pada kesempatan itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan tiga misi Indonesia untuk pangan dunia.

tiga misi indonesia
foto: pixabay

Acara tersebut berlangsung selama 3 hari, dari 16—18 Januari 2020. Pada tahun ini, forum tersebut sudah masuk ke forum ke-11 yang bertajuk ‘Pertanian Menjadi Digital: Solusi cerdas untuk Pertanian Masa Depan’.

Indonesia sebagai negara yang sebagian besar diisi oleh bidang pertanian turut berkontribusi dalam pemenuhan pangan di bumi. Oleh karena itu, misi pertama yang disampaikan oleh Syahrul yang dikutip dari laman Kementerian Pertanian Republik Indonesia adalah menghilangkan batasan yang menghambat intervensi bantuan pangan bagi kemanusiaan.

Loading...

Selanjutnya, misi kedua yang disampaikan oleh Syahrul berharap kepada negara-ngeara maju sudah memiliki komitmen untuk membantu negara-negara berkembang dan terbelakang untuk maju bersama dalam bidang pertanian, baik itu berupa ilmu pengetahuan, inovasi teknologi, keahlian, maupun pengalaman.

Di negara maju, bidang pertanian hampir sudah menggunakan teknologi mesin sehingga kuantitas dan proses produksi pun menjadi lebih efektif. Sementara, di beberapa negara berkembang, bidang usaha pertanian masih menggunakan cara tradisional, meskipun saat ini sudah mulai berkembang beberapa teknologi yang memudahkan petani untuk bertani.

Dan terakhir, misi ketiga yang disampaikan oleh Syahrul adalah menjadikan pangan sebagai instrumen penting dan strategis yang digunakan untuk perdamaian dunia.

Misi tersebut merupakan usul yang disampaikan dari Indonesia untuk membentuk satu pemahaman yang sama antarnegara dalam forum tersebut.

“Itu misi yang diperjuangkan delegasi Indonesia dalam forum global tersebut,” ujar Syahrul.

Baca Juga:  Daya Beli Pembudidaya Ikan Naik di Tengah Pandemi

Forum yang memberikan kesempatan bagi seluruh perwakilan bidang pertanian dari seluruh negara menyampaikan aspirasinya mengenai dunia pertanian. Harapannya akan banyak inovasi-inovasi baru yang dapat berguna bagi dunia pertanian di Indonesia.

 

 

Loading...
Loading...