Tiga Varietas Jahe Paling Populer di Pasaran

Pertanianku — Rempah yang satu ini sudah sangat populer. Tak hanya di Indonesia, tanaman rimpang ini juga sudah mendunia. Kegunaannya beragam mulai dari penambah flavor (cita rasa) masakan hingga membantu mengobati berbagai penyakit. Pilihan jenisnya pun beragam. Setidaknya, ada tiga varietas jahe yang paling mudah kita temui di pasaran.

tiga varietas jahe
Foto: pixabay

Tanaman dengan nama ilmiah Zingiber officinale ini bisa memberikan rasa pedas dan hangat pada masakan. Jahe dipercaya berasal dari India, meski beberapa literatur juga menyebutkan berasal dari Cina bagian selatan. Sejak zaman kolonial, tanaman rimpang ini mulai menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Umumnya, jahe selain dimanfaatkan sebagai bumbu juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat. Tanaman ini memiliki khasiat dapat meredakan pusing, mengurangi mual, mengurangi rasa sakit akibat menstruasi pada wanita, memperkuat imun, sampai mencegah kanker.

Loading...

Varietas jahe yang biasa diperjualbelikan antara lain jahe gajah atau jahe badak, jahe kuning, dan jahe merah.

Jahe gajah/jahe badak

Jahe jenis ini merupakan kegemaran pasar internasional. Ciri khas jahe gajah adalah memiliki ruas-ruas rimpang yang gemuk dan menggembung. Jahe ini sebenarnya memiliki rasa dan aroma yang tidak terlalu kuat.

Rimpang dan bagian dalam jahe gajah berwarna putih. Serat jahe gajah juga lebih kecil dan lembut dibandingkan jahe merah dan jahe kuning.

Jahe kuning

Jahe ini banyak dijumpai di pasar-pasar Indonesia. Punya bentuk yang lebih ramping dari jahe gajah, jahe kuning punya rasa yang lebih kuat. Meskipun begitu, aromanya tidak sekuat jahe lainnya sehingga jahe kuning lebih disukai sebagai bumbu untuk masakan nusantara.

Rimpang jahe kuning berwarna kuning, seperti namanya. Di Jawa, jahe kuning juga dikenal dengan nama jahe emprit.

Jahe merah

Jahe merah punya kandungan minyak atsiri yang paling tinggi. Selain itu, rasa dari varian jahe ini paling kuat di antara jenis jahe yang lain. Jahe merah biasa digunakan sebagai bahan dasar berbagai industri farmasi dan sebagai bahan baku jamu tradisional.

Ciri jahe merah adalah ukuran rimpangnya kecil dan memiliki kulit berwarna merah. Serat jahe merah juga lebih kasar dan lebih besar dibandingkan jahe lainnya.

Loading...
Loading...