Tilik Perbedaan 7 Jenis Daging Sapi Berdasarkan Kualitasnya

Pertanianku — Saat sapi sudah disembelih, penggolongan karkas akan dilakukan berdasarkan kualitas dan kuantitasnya. Berdasarkan kuantitasnya, sapi digolongkan menjadi kurus, batas bawah, optimum, dan gemuk. Penggolongan ini dilakukan dengan memberi skor pada bagian tubuh sapi. Sementara berdasarkan kualitasnya, setidaknya ada 7 jenis daging sapi yang perlu Anda ketahui.

jenis daging sapi
foto: pixabay

Prime

Jenis daging sapi yang paling unggul digolongkan sebagai kelas prime. Daging ini memiliki ciri perototan yang tebal dengan selubung lemak yang berat. Konformasinya sangat bagus. Jenis daging sapi prime biasanya hanya terdapat di Amerika Serikat. Selain itu, satu-satunya jenis sapi dengan kualitas yang lebih baik dari prime adalah sapi kobe asal Jepang.

Loading...

Choice

Kelas kedua dari jenis daging sapi adalah choice. Agar daging yang dihasilkan memiliki kualitas ini, sapi potong harus diberi pakan berupa biji-bijian. Ciri daging choice adalah selaput lemak yang sedikit lebih samar dari prime.

Good

Lemak yang terdapat pada jenis daging sapi good lebih sedikit. Ternak sapi dengan sedikit biji-bijian atau tanpa pemberian pakan biji sama sekali sama-sama bisa menghasilkan daging sapi kualitas good. Jenis daging sapi good sendiri dapat digolongkan kembali menjadi kelas high, middle, dan low good di dunia perdagangan.

Standar

Daging sapi standar biasanya didapatkan dari ternak sapi yang berusia di bawah empat tahun. Sapi ini merupakan sapi berdaging, berotot tipis, dan lemak yang sangat sedikit. Jenis daging sapi standar memiliki konformasi daging yang buruk.

Commercial

Ciri daging commercial hampir sama dengan daging sapi standar. Hanya saja, daging sapi kelas commercial didapatkan dari daging sapi yang sudah berumur empat tahun ketika disembelih.

Utility

Kualifikasi kualitas daging sapi yang keenam adalah jenis daging sapi grade utility. Jenis daging sapi ini hampir tidak bisa dibedakan dengan commercial ataupun utility. Namun biasanya, kondisi dagingnya memang di bawah dua kelas tersebut.

Baca Juga:  Penggunaan Antibiotik untuk Ayam

Cutter/canner

Terakhir adalah jenis daging sapi cutter atau canner. Daging sapi ini didapatkan dari ternak sapi potong yang sangat kurus. Daging sapi cutter masih lebih baik daripada kualitas canner.

Loading...
Loading...