Tingkatkan Bobot Kambing dengan Pakan Kaya Protein

Pertanianku — Tiap peternak biasanya memiliki caranya tersendiri untuk mendongkrak bobot kambing potong. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan bobot ialah dengan pemberian pakan tinggi protein dengan kadar protein di atas 15 persen. Kadar protein tersebut bisa didapatkan dengan meracik pakan dari beberapa bahan seperti bungkil kedelai, dedak gandum, bungkil kopra, jagung, dan kacang hijau.

bobot kambing potong
foto: Trubus

Bahan-bahan tersebut bisa dipilih sesuai dengan ketersediaan pada masing-masing daerah peternak. Salah satu bahan yang mudah didapatkan adalah biji kacang hijau. Peternak akan menggiling biji tersebut menjadi tepung, kemudian dicampur dengan dedak gandum yang jumlahnya 4 kali dari jumlah tepung kacang hjiau. Campuran bahan-bahan tersebut menghasilkan pakan konsentrat yang dapat diberikan sebagai pelengkap.

Konsentrat sudah bisa diberikan sejak cempe (anak kambing) berumur lepas sapih atau sekitar 3 bulan hingga berumur 6–7 bulan. Konsentrat diberikan sebanyak 200 gram untuk setiap satu ekor kambing. Pemberian konsentrat memang tidak perlu terlalu banyak karena sifatnya hanya sebagai pelengkap.

Bahan pakan lainnya yang terkenal kaya protein adalah hijauan kaliandra. Kandungan protein kasar di dalam daun kaliandra mencapai 20–25 persen. Itu sebabnya tanaman ini sering digunakan sebagai pakan tambahan untuk penggemukan kambing. Tak hanya kaliandra, peternak juga sering memberikan pakan hijauan pada ternak seperti Indigofera, kelor, daun nangka, daun singkong, gamal, rumput odot, daun pisang, daun rambutan, daun durian, dan daun mahoni. Namun, daun singkong tidak bisa diberikan dalam keadaan segar, daun harus dilayukan terlebih dahulu semalaman.

Selain kaliandra, hijauan lainnya yang kaya protein adalah rumput gamal dengan kandungan protein yang mencapai 20 persen, rumput odot 10–15 persen, rumput bintang 14 persen, rumput kompetidor 11 persen, dan rumput kumpai 14–16 persen. Pakan hijauan diberikan 3 kali sehari, yakni pada 08:00, 14:00, dan 20:00.

Baca Juga:  Cara Mengolah Limbah Sawit Jadi Pakan Sapi

Konsentrat juga bisa terbuat dari ampas tapioka dan ampas gandum. Perbandingan konsentrat dengan pakan hijauan yang bagus untuk kambing adalah 1:4. Hijauan yang diberikan sebanyak 30 persen dari bobot kambing setiap hari. Artinya, setiap pemberian pakan, hijauan yang diberikan sebanyak 10 persen.