Tingkatkan Hasil Panen Kedelai Secara Eksternal

Pertanianku— Selain menerapkan strategi yang baik, untuk meningkatkan hasil panen kedelai bisa dilakukan melalui dukungan faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud seperti kelembagaan dan kebijaksanaan yang merupakan mata rantai penting untuk meningkatkan hasil produksi kedelai. Ada 4 faktor eksternal yang dapat menunjang kenaikan hasil panen kedelai, berikut ulasannya.

hasil panen kedelai
foto: pixabay

Petani dan kelompoknya

Saat ini, hampir 75 persen petani kedelai berusia di atas 45 tahun dengan tingkat pendidikan mayoritas sekolah dasar. Dengan kondisi sumber daya manusia yang demikian, para petani membutuhkan pembinaan kemampuan petani dan kelompoknya mengenai proses produksi kedelai. Harapannya, para petani dapat mengelola lahan dengan cara yang lebih efisien, dengan teknologi terbaru, dan hasil yang didapat akan lebih melimpah. Oleh karena itu, pengembangan kualitas anggota kelompok tani harus terus dilakukan.

Loading...

Namun, di lapangan penerapan teknologi masih terhalang oleh beberapa kendala, seperti persepsi petani terhadap teknologi, kemampuan modal petani yang terbatas, skala usaha tani yang sempit dan terpisah-pisah, risiko kegagalan yang masih besar, dan masih kecilnya kesejahteraan petani. Oleh karena itu, perkembangan kelompok petani harus terus ditingkatkan dengan pendidikan serta bantuan lainnya. Selanjutnya, evaluasi perkembangan yang sudah berjalan.

Peningkatkan kerja sama antarinstansi atau departemen terkait

Kerja sama dengan instansi lainnya seperti Kementerian Pertanian dengan Kementerian Perdagangan, Bulog, Koperasi, atau Pemda harus terus dilakukan guna memudahkan proses produksi kedelai. Terkadang, komoditas kedelai sudah berhasil dihasilkan dengan kualitas yang baik, tapi terkendala dengan proses distribusi yang terhambat. Padahal, distribusi merupakan faktor penting keberhasilan petani dalam usaha menanam kedelai.

Penyuluhan

Selain berperan untuk meningkatkan wawasan petani mengenai proses produksi kedelai yang baik dan efektif, kegiatan penyuluhan bermanfaat untuk memperkenalkan organisasi, serta permintaan dan pasar kepada petani. Jika petani sudah memiliki wawasan tentang kedua hal tersebut, petani bisa meningkatkan produksi, karena pasar jual sudah jelas dan kerugian petani bisa diminimalisir.

Baca Juga:  Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Beras Hitam Jeliteng

Kebijakan

Dalam proses perdagangan mancanegara, pemerintah harus mengeluarkan kebijakan yang dapat menguntungkan kedua belah pihak, yakni pengekspor dan negara impor. Hal ini akan berkaitan langsung dengan kesejahteraan petani kedelai. Jika kebijakan yang ada hanya menguntungkan negara impor, kesejahteraan petani tidak akan meningkat sehingga hasil produksi pun tidak akan bertambah, malah akan cenderung menurun.

 

Loading...
Loading...