Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Beras Hitam Jeliteng

Pertanianku — Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, masyarakat diharuskan menjaga daya tahan tubuh dengan baik agar meminimalisir terpapar virus corona. Ada banyak produk pangan yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya adalah beras. Beras merupakan salah satu bahan pangan utama yang dikonsumsi orang Indonesia. Salah satu varietas beras yang bagus untuk dikonsumsi adalah beras hitam jeliteng.

beras hitam
foto: pixabay

Beras hitam jeliteng tidak hanya mampu memberikan asupan energi untuk tubuh, beras ini juga mampu menjaga kesehatan tubuh termasuk imunitas tubuh. Beras hitam ini mengandung senyawa fenolik yang merupakan senyawa aktif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan manfaatnya bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan varietas padi lainnya.

Pigmen hitam dalam beras ini bukan saja berguna untuk memberikan warna hitam pada butiran beras. Pigmen sangat berguna untuk tubuh karena mengandung zat antioksidan atau anti-inflamasi. Tak heran, beras ini digadang-gadang mampu meningkatkan imunitas tubuh agar tubuh tidak mudah diserang oleh virus.

Agar nutrisinya bisa bekerja secara optimal, konsumsi juga sayur dan buah yang kaya akan nutrisi sehingga imunitas tubuh bisa terjaga dengan baik.

Varietas beras hitam jeliteng memiliki produktivitas yang terkenal cukup baik dengan rata-rata hasil gabah kering giling (GKG) sekitar 6,18 ton/hektare dan potensi hasil sekitar 9,87 ton/hektare. Tinggi tanaman dapat mencapai 106 cm dengan jumah anakan produktif yang mencapai 19 batang. Beras ini sudah bisa dipanen ketika tanaman sudah berumur 113 hari setelah sebar.

Tekstur beras ini seperti nasi pulen dengan kandungan amilosa sekitar 19,6 persen. Tekstur tersebut dinilai cukup disukai oleh masyarakat Indonesia. Varietas beras ini baru saja dilepas oleh pemerintah pada April 2020 dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan energi serta meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Pupuk Hijau dari Daun Gamal, Membuat Tanaman Langsung Subur

Selain itu, pelepasan varietas beras ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan beras yang fungsional dan penyediaan bahan pangan yang sehat. Beras ini sangat cocok dikonsumsi di tengah pandemi seperti ini.

 

 

 

 


loading...