Tingkatkan Kesuburan Tanah dengan Air Ini

Pertanianku Cara menyuburkan tanah bisa dilakukan dengan pemberian pupuk. Selain itu, ada langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk menunjang pupuk yang sudah diberikan tersebut. Berikut ini cara menyuburkan tanah yang bisa Anda lakukan cukup dengan langkah-langkah yang sederhana.

Cara menyuburkan tanah
Foto: pixabay

Air rebusan telur

Telur rebus biasa dikonsumsi sebagai salah satu lauk yang digemari. Hanya saja, pemanfaatan air bekas rebusan telur ini belum maksimal. Air rebusan telur yang biasanya langsung dibuang bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah. Dalam air tersebut, terkandung vitamin, mineral, dan kalsium yang baik bagi tanaman. Cara pemberiannya pun sangat mudah, yakni disiramkan pada tanah seperti biasa.

Loading...

Air rebusan sayur

Air bekas rebusan sayur bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah. Air ini mengandung nutrisi yang ada dalam sayur larut ke dalam air rebusan. Tanaman pun akan mendapatkan nutrisi yang cukup jika Anda rutin menyiramkan air rebusan sayur ke media tanam.

Air kelapa

Selain baik bagi tubuh, air kelapa juga punya banyak kandungan yang baik bagi tanaman. Dalam air kelapa, terkandung kalium, kalsium, protein, magnesium, dan vitamin. Bila Anda menggunakan air kelapa untuk menyuburkan tanaman hias, terutama tanaman hias berbunga, tanaman tersebut akan lebih cepat berbunga. Anda bisa mendapatkan air kelapa di penjual kelapa parut. Biasanya, air ini hanya akan dibuang karena kurang diminati oleh konsumen.

Air kulit pisang

Pisang sangat baik bagi tubuh. Kandungan nutrisinya ternyata tak hanya memberikan manfaat bagi manusia yang mengonsumsinya, tapi juga bagi tanaman yang secara rutin diberikan campuran air dan kulit pisang. Kulit pisang mengandung bahan-bahan yang bisa menyuburkan tanah sehingga tumbuh kembang tanaman pun menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Manfaat Kayumanis Ternyata Baik untuk Tanaman

Air beras

Selama ini, air bekas cucian beras hanya dibuang oleh banyak orang. Tak banyak yang tahu bila air tersebut mengandung banyak vitamin B1 yang baik bagi tanaman. Salah satunya bisa menjadi sumber energi bagi tanaman. Cara pemberiannya pun sangat mudah, yakni dengan menyiramkan air cucian beras ke tanaman secara rutin.

Loading...
Loading...