Tingkatkan Kualitas Tidur dengan Lilin Aromaterapi Lavender

Pertanianku — Saat ini sudah banyak masyarakat yang mengenal produk lilin terapi, produk lilin yang digunakan dengan cara inhalasi atau dihirup. Lilin tersebut sudah dicampurkan dengan minyak atsiri yang dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satu lilin aromaterapi yang bagus digunakan ketika Anda ingin menenangkan diri adalah lilin aromaterapi lavender.

lilin aromaterapi lavender
foto: Pixabay

Minyak lavender yang ditambahkan ke dalam lilin dapat membuat saraf dan otot menjadi lebih rileks. Selain itu, aroma lavender juga dapat memberikan efek sedatif atau rasa ngantuk kepada pengidap insomnia yang mengalami kesulitan untuk tidur.

Minyak lavender yang didiversifikasi menjadi lilin dapat lebih mudah dihirup ke dalam tubuh. Jadi, kandungan di dalam minyak tersebut bisa langsung berinteraksi dengan sistem saraf pusat.

Hingga saat ini, pemanfaatan minyak atsiri sebagai aromaterapi masih menjadi salah satu bidang usaha yang menjanjikan. Selain aman bagi kesehatan, lilin aromaterapi juga aman untuk lingkungan. Produk lilin aromaterapi lebih dipilih oleh konsumen karena tersedia dalam berbagai tipe dan ukuran.

Minyak lavender yang digunakan dalam lilin aromaterapi lavender didapatkan dari distilasi bunga lavender segar dengan menggunakan uap panas. Minyak yang dihasilkan dari proses tersebut tidak berwarna dan beraroma manis khas bunga lavender.

Di dalam minyak tersebut terdapat komponen utama yang penting, yaitu linalyl asetat dan linalool. Kandungan linalool berfungsi sebagai anticemas. Kualitas minyak yang didapatkan sangat bergantung pada kandungan ester atau linalyl asetatnya.

Linalyl asetat merupakan monoterpen yang tidak berwarna, jernih, beraroma bunga, susah larut dalam air dan gliserol tapi larut dalam etanol, eter, alkohol, dan benzyl. Kandungan ini tidak memiliki efek sedatif yang begitu tinggi.

Baca Juga:  Bioplastik, Plastik Ramah Lingkungan dari Rumput Laut

Kandungan lain yang terdapat di dalam bunga lavender adalah minyak atsiri, alpha pinen, camphene, beta myrcene, p-cymene, limone, borneol, terpinen-4-ol, geranyl asetat, dan caryophylen.

Seluruh kandungan yang terdapat di dalam minyak lavender dapat membuat diri menjadi lebih tenang, mengurangi stres, menenangkan nyeri haid, gangguan menopause, gejala menstruasi, meningkatkan daya ingat, dan mendapatkan tidur yang berkualitas.