Tips agar Anak Kandang yang Andal Betah Bekerja

PertaniankuAnak kandang merupakan sebutan tenaga kerja di peternakan. Anak kandang memegang peran penting dalam pelaksanaan manajemen pemeliharaan ayam broiler sehingga Anda perlu mencari pekerja yang andal. Setidaknya, pekerja tersebut harus memiliki sifat pengasuh dan penuh kasih sayang agar mampu memberikan perlakuan yang baik pada ternak ayam.

anak kandang
foto: Pertanianku

Anak kandang harus bisa mengurus ayam broiler yang membutuhkan perhatian dan penjagaan yang lebih intensif. Seseorang yang sudah andal akan memiliki perasaan atau tingkat kepekaan yang cukup tinggi terhadap kondisi di dalam kandang sehingga ia mampu memecahkan permasalahan yang kerap terjadi di dalam kandang.

Berikut ini beberapa tips mempertahankan anak kandang yang andal agar tetap betah bekerja di peternakan Anda.

Jujur, rajin, tekun, dan menyukai ternak

Pilihlah pekerja yang tidak sekadar bekerja, tetapi juga bersifat jujur, tekun, dan menyukai ternak agar bisa dipercaya. Lebih baik mendapatkan pekerja yang masih polos karena masih mudah “dibentuk” sesuai dengan prinsip pemilik.

Berikan perhatian

Berikan perhatian kepada pekerja dan keluarganya jika pekerja sudah berkeluarga. Usaha tersebut dapat membuat pekerja lebih betah bekerja dengan Anda.

Jadilah sahabat yang baik

Meski statusnya adalah pekerja, Anda perlu menjalin komunikasi yang baik dengannya agar proses peternakan berjalan dengan baik. Pekerja akan lebih tahu kekurangan yang terjadi di lapangan sehingga bisa menjadi bahan masukan dan evaluasi untuk mengembangkan usaha ternak Anda.

Jangan membebani pekerjaan di luar kapabilitasnya

Jika pekerja sudah ditugaskan untuk menjalankan seluruh operasional di dalam kandang, jangan berikan pekerjaan yang tidak ada sangkut pautnya dengan pemeliharaan broiler. Dengan begitu, pekerja tidak akan tertekan karena perintah yang tidak sesuai.

Berikan penghargaan

Baca Juga:  Tips Menghadapi Perkawinan Pertama Domba yang Benar

Penghargaan dapat menambahkan semangat pekerja untuk lebih giat. Penghargaan diberikan ketika pekerja sudah berhasil meraih prestasi yang baik. Misalnya, mampu menghasilkan hasil panen yang cukup banyak.

Tegur di saat sedang tidak bekerja

Anda boleh menegur pekerja yang salah, tetapi lakukan dengan benar. Jangan menegur ketika sedang bekerja dan di depan pekerja yang lain. Sebaiknya, lakukan ketika pekerjaan sudah selesai dan di tempat yang sepi.