Tips agar Buah Tin di Pot Cepat Berbuah

Pertanianku  — Harga jual buah tin terbilang cukup tinggi karena buahnya yang langka. Buah ini sangat menyukai sinar matahari untuk tumbuh, berkembang, serta saat masa pematangan buah. Karena nilai jualnya yang tinggi, buah tin yang ditanam di pot akan memiliki nilai tersendiri. Menanam buah tin di pot sangat mudah, seperti menanam pohon buah pada umumnya.

buah tin di pot
foto: pertanianku

Agar tanaman buah tin memiliki tingkat produktivitas yang maksimal, Anda perlu merawat secara intensif. Pemeliharaan tersebut meliputi penyiraman, pemangkasan, dan pemupukan. Berikut ini beberapa tips perawatan agar buah tin di pot cepat berbuah.

Penyiraman

Loading...

Buah tin membutuhkan penyiraman yang teratur, terutama pada awal pertumbuhan. Biasanya, buah tin mendapatkan penyiraman sebanyak 1—2 minggu sekali. Namun, penyiraman tidak dilakukan selama proses pembentukan buah karena dapat menyebabkan pecah buah dan rasa buah yang dihasilkan akan kurang manis.

Pemangkasan

Pemangkasan pohon juga harus dilakukan pada buah tin untuk mendorong produktivitas pohon. Pemangkasan dilakukan pada batang utama dengan ketinggian 60 cm dari permukaan tanah. Selanjutnya, pemangkasan dilakukan pada cabang samping yang panjangnya 60 cm dipangkas sejauh 40—50 cm dari pangkal cabang. Tinggi tanaman sebaiknya jangan dibiarkan lebih dari 2 meter agar mudah merawatnya.

Pemangkasan yang ditujukan untuk meningkatkan pembentukan buah dilakukan pada bagian pucuk cabang. Caranya, pucuk dipangkas setelah menghasilkan delapan helai daun segar. Hal ini bertujuan untuk nutrisi yang biasanya digunakan untuk pertumbuhan dialihkan untuk produksi buah.

Anda juga perlu melakukan pemangkasan akar agar terbentuk akar baru yang mampu menyerap hara lebih baik. Pemangkasan akar bisa Anda lakukan saat proses pergantian pot (replanting). Bagian akar yang digunting sebanyak ¼ bagian dengan gunting tajam yang sudah direndam dalam larutan pemutih atau Clorox (dengan perbandingan 1:10).

Baca Juga:  Mengenal Tanaman Markisa Lebih Dekat

Pemupukan

Pupuk yang diberikan adalah NPK 15:10:15 dari tanaman berumur 3 bulan hingga 5 tahun, yang berbeda hanya dosis pemberiannya. Pada umur 3 bulan, dosis yang diberikan sebanyak 150 gram/pohon dengan frekuensi 4 bulan sekali. Umur 2 tahun diberikan sebanyak 250 gram/pohon, 3—4 tahun diberikan sebanyak 350 gram/pohon, dan umur 5 tahun diberikan sebanyak 500 gram/pohon. Pemberiannya dilakukan dengan ditaburkan ke dalam media tanam.

Anda juga bisa menggantinya dengan pupuk kandang yang bisa diberikan saat pohon berumur 1—5 tahun. Dosis yang diberikan sebanyak 500 gram/pohon dan diberikan setiap satu tahun sekali dengan cara disebarkan di atas media tanam.

Loading...
Loading...