Tips Agar Kroto Agar Tahan Lama

Pertanianku – Membudidayakan semut rangrang boleh dikatakan tidak sulit. Namun, kendala yang banyak dihadapi oleh peternak adalah kroto hasil panen tidak tahan lama di suhu ruang. Praktis, kroto hanya dapat bertahan dengan baik, tanpa basi, sekitar 12 jam. Setelah itu, kondisi kroto menjadi basi dan berbau menyengat sehingga kualitasnya sangat menurun.

Tips Agar Kroto Agar Tahan Lama

Pada prinsipnya kroto dapat bertahan hingga 4—5 hari jika ditangani dengan tepat. Kroto dengan penanganan yang tepat lebih awet dan tidak mudah busuk. Agar awet, kita harus mampu menjaga kadar air yang ada di kroto. Salah satu cara yang sudah banyak dilakukan adalah dengan menempatkan kroto dalam wadah kedap udara dan menyimpannya di lemari es (kulkas). Sebelum kroto disimpan dalam lemari es, sebaiknya dibersihkan dulu, kotoran atau semut yang masih menempel dikurangi.

Loading...

Panen kroto meski dilakukan dengan alat yang benar dan hatihati, tetapi sisa-sisa koloni pasti masih akan ada berkisar 10—12%. Hal ini karena sebagian koloni akan tetap menempel pada larva atau pupa saat dilakukan pemanenan sehingga sebagian semut tidak ikut naik ke penampungan. Semut yang tersisa umumnya semut muda.

Setelah selesai dibersihkan, kroto dimasukkan dalam wadah plastik khusus kedap udara (banyak tersedia di pasaran). Sebelumnya kroto dilapisi atau dibungkus kertas koran, tujuannya agar kertas dapat menyerap air. Selanjutnya, wadah berisi kroto dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Kroto tersebut dapat bertahan sekitar 4—5 hari.

 

Sumber: Buku Menjawab Teka Teki Beternak dan Bisnis Kroto

 

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Sapi Diare
Loading...
Loading...