Tips Agar Mangga Rajin Berbuah


Pertanianku – Agar tanaman bisa berbuah dengan optimal, tanaman harus mendapatkan perawatan yang intensif, meliputi penyiraman, penyiangan, penggemburan, dan pemupukan. Berikut adalah tips-tipsnya.

Pemupukan Tanaman Mangga

  • Penyiraman

Sebaiknya penyiraman dilakukan secara teratur, setiap pagi dan sore hari, terutama awal penanaman pada musim kemarau.

Penyiraman hingga media tanam basah, tetapi tidak menggenang dengan penggunaan gembor atau spingkler agar siraman air dapat merata dan tidak merusak tanaman.

  • Penyiangan dan penggemburan

Penyiangan dilakukan saat penggemburan dan pemupukan. Gulma dicabut dengan menggunakan tangan atau kored. Penggemburan dilakukan pada tanah yang padat sekitar pangkal batang awal musim hujan. Penggemburan tanah pada tanaman asal cangkokan jangan dilakukan terlalu dalam karena dapat merusak akar. Pemangkasan Pemangkasan dilakukan saat tanaman setinggi 80—100 cm. Adapun cara pemangkasannya.

  1. Pangkas tanaman tepat pada batas bidang hijau dan cokelat untuk merangsang pertumbuhan tunas. Pilih tiga tunas seragam yang tumbuh dari ketiak yang berbeda.
  2. Pangkas sebagian cabang tanaman dan tinggalkan maksimal 3—4 cabang yang tumbuh sehat, kekar, tidak bersilangan, dan membentuk sudut 90—120o C.
  3. Ulangi pemangkasan batang pokok jika tunas yang tumbuh pada bidang pangkasan hanya satu cabang.
  4. Lakukan pemangkasan berikutnya jika cabang yang dipelihara telah mencapai 1 m atau 3—6 bulan setelah pemangkasan pertama dan saat tanaman usia produktif.
  5. Cabang-cabang atau tunas liar yang tumbuh tidak pada tempatnya (misalnya di bawah percabangan pertama) harus dibuang. Cabang-cabang air, ranting, atau tunas yang sakit dan tumbuh rapat harus dipangkas supaya lingkungan mahkota daun dapat ditembus sinar matahari. Usahakan tinggi tanaman tidak lebih dari 3 m untuk memudahkan perawatan dan pemanenan.

 

Sumber: Buku 20 Tabulampot Rajin Berbuah

Baca Juga:  Cara Budidaya Ciplukan Jumbo untuk Pemula
loading...
loading...