Tips Agar Tanaman Buah Dalam Pot Tumbuh Subur dan Rajin Berbuah

Pertanianku — Menanam buah di dalam pot menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi para hobiis. Selain bisa menyalurkan hobi, hobiis pun bisa memanfaatkan buah yang ditanamnya sendiri. Namun, dalam pelaksanaannya masih banyak yang mengalami kendala sehingga tanaman tidak menghasilkan buah, hanya tumbuh menjulang. Berikut ini beberapa tips untuk membuat tanaman buah dalam pot tumbuh subur dan rajin berbuah.

buah di dalam pot
foto: pixabay

Sesuaikan tanaman dengan iklimnya

Tanaman buah dapat tumbuh subur di iklim yang sesuai dengannya. Ada tanaman yang bisa tumbuh subur di dataran rendah atau dataran tinggi. Ada pula tanaman yang bisa tumbuh pada kedua tempat tersebut. Hal ini sangat penting karena dapat menentukan keberhasilan tanaman untuk berbuah. Seperti tanaman stroberi, meskipun bisa ditumbuhkan di dataran rendah, pohonnya hanya mampu berbuah subur di dataran tinggi.

Loading...

Gunakan bibit yang cukup umur dan asal usulnya jelas

Sering kali kesalahan hobiis adalah menggunakan bibit yang belum cukup umur dan asal usulnya tidak jelas. Belilah bibit dari tempat pembibitan yang jelas seperti di tempat penangkaran yang tepercaya. Gunakan bibit yang sudah cukup umurnya agar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menumbuhkannya.

Media tanam harus gembur dan subur

Media tanam yang digunakan harus tepat sesuai dengan syarat tumbuh tanaman yang digunakan. Oleh karena itu, Anda harus memahami jenis media tanam yang sesuai dengan tanaman. Pada umumnya, media tanam terdiri atas pupuk kandang, kompos, dan bahan lain. Penggantian media tanam pun harus dilakukan secara rutin setelah tanaman sudah tumbuh besar.

Pot yang digunakan harus proporsional

Ada banyak jenis pot yang bisa digunakan, baik pot baru maupun pot yang berasal dari barang bekas. Wadah yang digunakan harus steril dari bahan kimia dan ukurannya pun harus disesuaikan dengan ukuran dan jenis tanaman. Jangan sampai tanaman besar, sedangkan pot yang digunakan berukuran kecil. Hal tersebut akan menghambat sistem perakaran di dalam pot.

Baca Juga:  Tips Mencegah Akar Tanaman Menembus Pot Tabulampot

Perhatikan kebutuhan hara dan nutrisi

Pohon dapat tumbuh dan berbuah secara rutin jika nutrisi dan hara yang didapatkannya cukup dan memadai untuk melakukan pembuahan. Tanaman buah di dalam pot tidak bisa mendapatkan unsur hara dan nutrisi seperti tanaman yang ditanam di lahan. Tanaman buah di dalam pot harus selalu disuplai kebutuhan haranya.

Pengendalian hama dan penyakit

Tanaman merupakan makhluk hidup yang selalu diincar oleh hama dan penyakit. Anda harus merawat tanaman dari penyakit dan hama yang bisa menghambat pertumbuhannya.

Teknik pemangkasan yang tepat

Pemangkasan menjadi salah satu perawatan yang penting namun sering kali dilupakan. Pemangkasan memiliki banyak fungsi, yaitu memudahkan proses perawatan, merangsang pembuahan, menciptakan keindahan pohon, serta meminimalisir penyakit dan hama.

Loading...
Loading...