Tips Ampuh Melebatkan Buah Tabulampot

Pertanianku — Pada dasarnya bertanam tabulampot tidak sulit untuk dilakukan. Bahkan, cenderung lebih sederhana dan praktis. Namun, yang sering menjadi masalah adalah salah teknik dalam pemeliharaan sehingga pohon tidak menghasilkan buah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pohon tidak berbuah. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa tips melebatkan buah tabulampot berikut ini.

buah tabulampot
foto: unsplash

Lingkungan tumbuh harus tepat

Setiap tanaman yang tumbuh membutuhkan lingkungan tumbuh atau iklim yang sesuai dengan kriteria pohon agar dapat berproduksi secara maksimal. Lingkungan tumbuh sangat memengaruhi pertumbuhan vegetatif tanaman seperti pertumbuhan akar, batang, dan daun.

Loading...

Lingkungan juga memengaruhi pertumbuhan generatif tanaman seperti bunga dan buah. Lingkungan tumbuh yang dimaksud saat ini adalah jenis tanah, ketinggian tempat, kelembapan, suhu, dan curah hujan. Kesesuaian iklim akan berbeda-beda pada setiap jenis tanaman.

Sebagai contoh, warga Kota Jakarta yang memiliki iklim dataran rendah dan basah sangat sulit untuk menumbuhkan pohon stroberi, jeruk keprok, apel, atau kesemek.

Gunakan bibit yang memenuhi syarat

Keberhasilan menanam memang terletak dari penggunaan bibit yang berkualitas, begitupun dengan sistem tabulampot. Tabulampot umumnya menggunakan bibit vegetatif karena proses produksinya akan lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan penggunaan bibit generatif. Bibit vegetatif umumnya berasal dari tanaman yang telah tumbuh besar dan sempurna, bahkan sudah berbuah.

Bibit yang digunakan harus unggul dan sehat. Bibit unggul akan menghasilkan buah tabulampot yang lebih baik dan tingkat produktivitas yang tinggi. Bibit unggul memiliki sifat-sifat berproduksi tinggi, cepat berbuah, hasil buahnya terasa lebih enak, dan lebih tahan terhadap penyakit.

Pemilihan pot dan media tanam yang tepat

Keberhasilan penanaman juga tergantung dengan pemilihan media tanam dan pot yang merupakan wadah untuk tempat tanaman tumbuh. Pemilihan pot harus sesuai dengan ukuran pohon, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Bentuk pot yang baik adalah memanjang ke bawah agar mendukung pertumbuhan akar.

Baca Juga:  Alasan Anda Harus Mulai Menanam Pohon Jambu Biji

Mutu media tanam akan menentukan cepat atau lambatnya pertumbuhan tanaman berbunga dan berbuah. Media tanam yang digunakan dapat berupa tanah, pupuk kandang, serbuk gergajian, pasir, dan sekam. Gunakanlah media tanam yang tepat.

Perawatan tanaman yang tepat

Perawatan tanaman merupakan salah satu kunci utama untuk mendapatkan buah yang optimal. Penyiraman harus dilakukan dengan tepat agar tanah tidak terlalu lembap dan tidak kering. Pohon harus terkena sinar matahari yang tepat dan cukup.

 

Loading...
Loading...