Tips Ampuh Menggemukkan Domba Pedaging


Pertanianku — Memiliki ternak domba pedaging yang gemuk pasti menjadi idaman para peternak. Akan tetapi, menggemukkan domba pedaging bukanlah perkara mudah dan sepele karena ternyata ada banyak hal yang wajib diperhatikan.

menggemukkan domba pedaging
Foto: Pixabay

Lantas, apa saja persiapan dasar yang dibutuhkan untuk pemeliharaan yang ideal sebuah peternak domba pedaging? Berikut ini ulasannya.

  1. Ilmu mengenai beternak

Hal yang pertama dibutuhkan adalah ilmu mengenai ternak domba yang benar beserta pendampingan dari berbagai mentor peternak senior yang sudah mempunyai reputasi baik. Ini adalah dasar pondasinya. Semakin kuat pondasinya atau semakin kuat dan banyak ilmu peternakan yang didapat, akan sangat bermanfaat ke depannya.

  1. Pakan

Pakan menjadi satu poin yang bagi sebagian peternak domba kadang dikesampingkan. Hal ini terbukti dengan semakin berkurangnya budaya menanam pakan hijauan dan cenderung pada mengandalkan berbagai limbah pertanian rendah nutrisi untuk pakan dombanya.

Pada bisnis penggemukan kambing domba, kualitas pakan sangatlah menentukan, baik dari pakan hijauan maupun pakan tambahannya. Aneka jenis pakan hijauan untuk kambing domba yang tinggi nutrisi seperti daun kaliandra, daun singkong , daun indigofera, daun gamal, daun  turi, daun sengon, daun pisang, daun pepaya, daun mahoni, daun rambutan, daun durian, daun angsana, daun kelor, daun sawit, daun alpukat, dan lain-lain.

Untuk jenis pakan tambahan yang biasa diberikan dalam penggemukan kambing domba di antaranya ampas tahu, ampas singkong, ampas gandum, pohon dan kulit kedelai, kulit kacang hijau, bungkil sawit, bungkil coklat, kulit singkong, kulit ari jagung, kulit kopi, bekatul, konsentrat dan lain-lain.

  1. Kandang yang ideal

Untuk menampung domba yang akan digemukkan, kandang sangat memengaruhi kenyamanan domba tersebut. Jika ternak nyaman di kandangnya, akan mempercepat berat badan mereka bertambah. Ini sangat berbeda sekali apabila kandang si domba kondisinya kumuh, kotor, berbau, ternak akan sulit tumbuh berkembang.

Baca Juga:  Cara Memelihara Kelinci Pedaging Agar Cepat Besar

Model kandangnya bisa dengan bodel kandang batre (sekat) ataupun kandang koloni. Kandang disesuaikan dengan kondisi di daerah masing-masing dan jenis dombanya.

loading...
loading...