Tips Ampuh Optimalkan Buah Lengkeng di Pot

Pertanianku — Lengkeng merupakan buah yang memiliki batang pohon keras. Batangnya berwarna kemerahan dan tumbuh menjulang tinggi. Batangnya memiliki banyak cabang yang tumbuh ke berbagai arah. Agar mendapatkan buah yang berkualitas dan menaikkan volume panen, Anda harus melakukan beberapa cara untuk mengoptimalkan buah lengkeng di pot.

buah lengkeng i pot
foto: pertanianku

Mengoptimalkan buah lengkeng di pot harus dilakukan karena tanaman ini sulit untuk berbuah jika diperlakukan dengan salah. Hal ini dikarenakan buah lengkeng bisa saja dipanen di daerah dataran rendah yang memiliki suhu tinggi asal diperlakukan dengan benar. Selain itu, faktor cahaya matahari juga akan berpengaruh terhadap produksi buah.

Sinar matahari yang rendah membuat tingkat kelembapan menjadi tinggi. Jika tingkat kelembapan yang tinggi berlangsung dalam waktu yang lama, akan menyebabkan tanaman busuk hingga mati. Masih ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mengoptimalkan buah lengkeng di pot. Simak ulasan berikut.

Loading...

Lakukan penyiraman secukupnya

Penyiraman pohon lengkeng idealnya dilakukan sebanyak 1—2 gayung saja. Jika penyiraman dilakukan secara berlebihan, akan menyebabkan akar terendam dan menjadi busuk. Bahkan, akan menyebabkan cacing yang berada di dalam tanah mati.

Berikan pupuk yang sesuai

Penyebab utama lengkeng tidak berbuah adalah media tanam yang miskin akan hara. Anda harus rutin memberikan pupuk dengan dosis yang tepat. Pada umur satu bulan setelah tanam, berikan pupuk NPK mutiara dengan dosis 25:7:7 dengan konsentrasi 10 gram/liter air. Berikan sebanyak 3 bulan sekali.

Ketika satu bulan menjelang berbunga atau sekitar 11 bulan berikutnya, berikan pupuk mutiara dengan dosis 16:16:16 dengan konsentrasi 10 gram/liter air dan diberikan sebanyak 3 bulan sekali.

Gugurkan bunga pertama

Rontokkan bunga yang pertama kali muncul agar cabang pohon bertambah dan bunga yang tumbuh semakin banyak. Jika setelah dirontokkan cabang tidak juga muncul, rontokkan lagi bunga kedua dan pelihara bunga-bunga selanjutnya.

Baca Juga:  Bukti Ilmiah Kulit Buah Manggis

Berikan pencahayaan yang cukup

Letakkan pot tanaman di tempat yang dapat disinari matahari agar mendapatkan pencahayaan yang cukup selama 6—7 jam sehari.

Lakukan pemupukan dengan booster lengkeng

Siapkan lengkeng yang sehat berumur 10 bulan dan pucuk daun setengah tua. Kuliti ari batang pokok dan cabang-cabang primer hingga bagian kulit tipis kecokelatan terkelupas. Siapkan larutan booster yang mengandung pottasium klorat yang dicampur 4—5 liter air.

Celupkan kain lap ke larutan booster dan lap kan kain tersebut ke batang dan cabang primer yang sudah dikuliti hingga basah, lakukan cara ini sebanyak dua kali. Siramkan larutan booster yang tersisa di sekitar pangkal pohon.

Loading...
Loading...