Tips Antibingung Saat Memilih Benih Cabai

PertaniankuBenih cabai menjadi salah satu kunci keberhasilan budidaya tanaman cabai. Pasalnya, benih yang bagus akan menghasilkan tanaman yang bagus pula. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan proses pemilihan benih.

benih cabai
foto: Pertanianku

Pemilihan benih tidak boleh hanya dilakukan berdasarkan varietas yang akan digunakan. Anda juga perlu memerhatikan kondisi, kualitas, kemasan, hingga produsen yang memproduksi benih. Biar Anda tidak bingung dan salah pilih, berikut ini beberapa tips saat Anda ingin membeli benih cabai yang berkualitas.

Kenali karakteristik benih cabai yang unggul

Umumnya, benih cabai yang bagus memiliki karakteristik penampilan yang bersih, berwarna terang dan mengilap, tidak cacat, bernas, ukurannya normal, daya kecambahnya tinggi (idealnya 90 persen dan nilai minimal 85 persen), tingkat keseragamannya tinggi, genetiknya murni, serta berstandar hibridasi dari tipe atau varietas yang digunakan.

Kemasan benih

Benih yang baik selalu dikemas dalam kemasan yang baik juga. Pastikan Anda membeli benih yang berada di dalam kemasan karena perusahaan telah memberikan jaminan atas mutu benih sesuai dengan standar pemerintah.

Perhatikan produsen benih

Pada dasarnya benih yang baik pasti dikemas dengan kemasan yang baik, tetapi tidak semua benih yang dikemas dalam kemasan memiliki kualitas yang bagus. Pasalnya, tanggung jawab perusahan hanya sampai pada jumlah benih yang dibeli. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan produsen yang menjual bibit. Sebaiknya, beli benih dari produsen tepercaya yang sudah terbukti menghasilkan bibit berkualitas.

Produsen benih yang baik akan mencantumkan rekomendasi lokasi penanaman, seperti di dataran rendah, tinggi, atau normal. Selain itu, ada juga beberapa informasi penting lainnya yang seharusnya dicantumkan oleh produsen, seperti informasi ketahanan penyakit, umur panen, potensi hasil, persentase daya tumbuh, persentase kemurnian benih, tanggal kedaluwarsa, dan isi benih di dalam kemasan.

Baca Juga:  Penyakit Tanaman Jabon yang Perlu Diwaspadai

Seluruh informasi tersebut sangat dibutuhkan oleh petani agar petani dapat mengetahui kecocokan benih yang dipilih dengan lokasi bertanam yang akan digunakan. Biasanya, informasi tersebut tercantum pada kemasan, flyer, dan lain-lain.