Tips Antigagal Memilih Buah Durian Lezat

Pertanianku — Buah durian memang lezat, tetapi sayangnya tidak semua orang mampu memilih buah durian yang benar. Alih-alih mendapatkan durian yang lezat, pembeli yang kurang mengetahui cara memilih buah durian malah mendapatkan buah kurang bagus. Agar Anda tidak salah lagi ketika memilih buah durian, simak ulasan di bawah ini.

memilih buah durian
foto: Pertanianku

Bentuk buah

Buah durian berbentuk bulat memiliki edible portion yang lebih tinggi dibanding buah berbentuk lonjong. Selain itu, buah durian berbentuk bulat kemungkinan besar memiliki juring yang terisi sempurna oleh daging. Jika bentuk buah bengkok, bisa jadi ada bagian juring yang kosong karena penyerbukan tidak terjadi sempurna.

Namun, bentuk buah yang unik dan tidak bulat biasanya berdaging buah tebal, manis, dan berbiji kurus.

Bagian ujung buah tidak merekah

Pilihlah buah durian yang bagian ujungnya tidak merekah. Hal ini karena apabila sudah merekah, daging buah terasa lebih hambar. Selain itu, bagian dalam buah yang sudah tercampur dengan udara bebas akan membuat rasa daging buah menjadi asam atau tawar.

Aroma durian

Pilihlah buah durian beraroma tajam karena aroma tersebut menjadi pertanda durian sudah matang. Jika aroma durian kurang menusuk, kemungkinan besar buah tersebut tidak matang sempurna. Bisa jadi buah tersebut matang secara tidak alami seperti dikarbit atau diperam.

Kocok buah

Pegang erat buah dan kocok-kocok buah secara perlahan dan agak sedikit keras. Jika Anda merasa ada getaran, isi buah tersebut sudah matang dan kering. Hal ini karena buah yang sudah matang akan terpisah dari dinding kulit dalam. Sementara itu, isi yang lembap atau terlalu lunak akan melekat di kulit buah.

Pukul dengan gagang pisau

Baca Juga:  Glukomanan, Rahasia di Balik Tenarnya Umbi Porang

Ketok buah secara perlahan dengan gagang pisau. Jika bunyi buah agak berat, berarti buah tersebut sudah masak di pohon. Sementara itu, jika buahnya berbunyi agak ringan, buah tersebut masih mentah.

Duri di kulit buah

Buah durian yang bagus berduri lebar dan jarang-jarang. Buah tersebut biasanya memiliki daging yang lebih kering dibanding buah durian dengan duri yang panjang dan rapat.