Tips Antigagal Vaksinasi pada Ayam

Pertanianku — Kegagalan saat memberikan vaksin bisa menyebabkan ayam terkena penyakit, akibatnya peternak bisa mengalami kerugian. Oleh karena itu, vaksinasi ayam tidak boleh sampai gagal. Karena selain bisa membuat ayam sakit, vaksin yang sudah dibeli akan terbuang sia-sia. Berikut ini beberapa tips buat Anda yang baru pertama kali memberikan vaksinasi pada ayam.

vaksinasi ayam
foto: pertanianku

Kualitas dan kedaluwarsa

Jangan asal dalam memilih vaksin. Pastikan vaksin yang Anda pilih bermutu baik dan belum kedaluwarsa. Jika vaksin sudah kedaluwarsa, vaksin tersebut tidak bisa bekerja secara baik.

Simpan dalam ruangan yang tepat

Ketika vaksin ingin disimpan, pastikan ruangan tersebut tidak terkena sinar matahari secara langsung. Vaksin bisa disimpan di dalam ruangan bersuhu 2—8°C.

Jangan membuka tutup botol vaksin sembarangan

Jika vaksin belum benar-benar akan digunakan, jangan sekali-kali Anda coba untuk membuka penutup botolnya. Vaksin yang sudah terbuka harus segera digunakan sesegera mungkin agar bisa bekerja dengan baik.

Lakukan vaksinasi sesuai jenjang umur ayam

Vaksinasi tidak bisa dilakukan sekaligus dan harus disesuaikan dengan umur ayam. Misalnya, vaksin ND-18 dilakukan pada ayam berumur 1 hari, vaksin gumboro-1 dilakukan pada ayam berumur 7 hari, vaksin ND+Al 1 dilakukan pada ayam berumur 14 hari, dan seterusnya. Vaksinasi yang dilakukan secara berurutan dapat meminimalisir kegagalan pemberian vaksin.

Jangan terburu-buru

Pada saat pemberian vaksin, Anda harus melakukannya secara hati-hati. Pastikan vaksin yang diberikan benar-benar masuk ke tubuh ayam.

Pencampuran vaksin

Sesaat sebelum diberikan pada ayam, biasanya vaksin harus dicampur terlebih dahulu biar larutannya menjadi homogen. Pastikan pencampuran berjalan dengan baik dan jangan sampai menimbulkan buih.

Air terbebas dari zat kimia berbahaya

Pemberian vaksin yang dilakukan dengan air harus dipastikan bahwa air tersebut terbebas dari zat kimia berbahaya seperti logam berat, disinfektan, kaporit, dan zat kimia lainnya.

Baca Juga:  Trik Menghindari Risiko Kematian DOC Ayam Petelur pada Periode Kritis

Kondisi ayam

Ayam yang akan divaksin harus dalam kondisi yang sehat dan tidak stres. Jangan vaksin ayam yang sedang menunjukkan gejala sakit. Selain itu, perhatikan juga nutrisi pakan yang diberikan pada ayam. Ayam yang mengalami malnutrisi sebaiknya jangan diberikan vaksin terlebih dahulu.

 


loading...