Tips Berkebun Bunga Bagi Pemula


Pertanianku — Berkebun merupakan hobi yang baik untuk membuat Anda tetap aktif. Selain itu, jika Anda melakukannya dengan serius, Anda juga bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan, terutama jika Anda berkebun bunga.

berkebun bunga
Foto: Shutterstock

Tidak peduli seberapa besar atau kecil halaman Anda, membuat taman bunga adalah hal yang mudah bila Anda mau berpikir kreatif.

Seorang pecinta taman yang berpengalaman hanya fokus pada pemeliharaan kebun dengan baik. Namun sebagai pemula, Anda harus mengurus banyak hal mendasar yang akan menentukan keberhasilan usaha Anda.

Anda harus memasukkan banyak kreativitas dan pengetahuan ilmiah untuk membuat kebun impian. Seorang pemula harus melalui banyak prosedur trial and error untuk mendapatkan hasil akhir. Berikut ini akan diulas mengenai berkebun bunga untuk pemula yang akan membantu Anda melewatkan beberapa kemungkinan kesalahan berkebun.

  1. Pemilihan ruang taman

Memilih dan merancang area yang bagus untuk taman Anda merupakan hal yang sangat penting. Kawasan ini harus memiliki sifat penting yang mendukung pertumbuhan tanaman seperti penampilan yang baik, tanah yang sehat, kapasitas penahan air yang baik, ketinggian yang tepat, dan sinar matahari yang cukup.

  1. Pemilihan pot

Memilih pot yang baik untuk taman bunga Anda juga penting. Tidak hanya untuk menjaga taman Anda tetap indah, tetapi juga untuk mendukung pertumbuhan tanaman yang sehat. Ingatlah untuk memilih pot tergantung pada jenis tanaman yang Anda pilih, dan pertimbangkan ukuran akhir yang diharapkan setelah tanaman tumbuh besar.

  1. Seleksi tanaman

Mungkin, memilih tanaman untuk kebun adalah hal yang paling membingungkan bagi pemula. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti iklim, musim, kemungkinan serangan hama, dan warna bunga. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis tanaman yang sesuai dengan kemampuan Anda merawatnya.

  1. Persiapan kegagalan
Baca Juga:  Biochar Penyelamat Lingkungan

Persoalan mengenai tanah merupakan alasan utama mengapa banyak pemula gagal dalam usaha mereka membuat kebun bunga. Luangkan waktu untuk menyiapkan tanah dengan pupuk kandang atau kompos yang cukup. Penanaman harus dilakukan hanya setelah menyiapkan tanah yang sempurna.

  1. Pemupukan

Pemupukan penting untuk menjaga pertumbuhan tanaman Anda tetap sehat. Setiap tanaman memiliki persyaratan pertumbuhan yang berbeda, dan Anda harus memutuskan frekuensi pemupukan tanaman bunga Anda berdasarkan fakta tersebut. Selain itu, ketahuilah jumlah pupuk yang dibutuhkan. Menggunakan pupuk organik adalah pilihan terbaik.

  1. Pengairan

Kebutuhan air tanaman bervariasi tergantung pada jenis tanaman dan musimnya. Salah satu tips berkebun bunga yang penting bagi pemula adalah dengan memperhatikan kebutuhan air tanaman Anda. Terlalu banyak dan terlalu sedikit air dapat merusak tanaman Anda.

loading...
loading...