Tips Bertanam Cabai di Tengah Musim Hujan

Pertanianku — Sebagian besar petani pasti tahu, musim hujan bukan musim yang baik untuk menanam cabai. Hal ini karena banyaknya tantangan yang akan diterima, mulai dari serangan organisme pengganggu tanaman hingga hasil panen yang kurang maksimal. Bertanam di musim hujan memang memerlukan penanganan yang lebih khusus. Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang tertarik bertanam cabai di musim hujan.

bertanam cabai
foto: Pertanianku

Gunakan varietas yang tepat

Anda perlu memilih varietas cabai yang tahan penyakit untuk memudahkan proses bertanam. Anda bisa menggunakan varietas cabai hibrida yang memiliki keunggulan berupa ketahanan terhadap serangan penyakit.

Varietas-varietas cabai yang bisa Anda gunakan antara lain Cemeti (cabai keriting lokal), Tit Super LV (cabai besar dataran rendah), Senopati F1 Hybrid, Begayo, dan Kunthi (cabai keriting).

Waspada terhadap gangguan hama dan penyakit

Salah satu rintangan terbesar menanam cabai di musim hujan adalah organisme pengganggu tanaman (OPT) yang meningkat. Penyakit yang kerap menyerang adalah layu fusarium dan layu bakteri.

Saat hujan, intensitas serangan kedua penyakit tersebut meningkat dua kali dari biasanya. Hal ini karena tingkat kelembapan di kebun yang terlalu tinggi. Tingkat kelembapan tersebut bisa diatasi dengan menutup bedengan menggunakan plastik bening transparan, kain strimin, atau menggunakan keduanya. Plastik tersebut mampu meminimalisir serangan penyakit sehingga Anda bisa mengurangi biaya pestisida.

Cara selanjutnya untuk mencegah serangan hama adalah memperhitungkan kepadatan tanaman. Kepadatan tersebut juga berpengaruh langsung terhadap tingkat kelembapan. Gunakan pola tanam zigzag atau segitiga.

Persiapan tanam

Persiapan tanam perlu dilakukan pada akhir musim kemarau karena pada musim hujan akan susah mencari tanah yang kering. Tanah tersebut dibutuhkan untuk melakukan penyemaian.

Persiapan selanjutnya yang perlu Anda perhitungkan adalah turus dan gelagar untuk menopang tanaman. Pada musim hujan, tanaman dapat cepat tumbuh sehingga Anda harus memasang turus sejak awal. Pemasangan lebih dini berguna untuk menyesuaikan pertumbuhan akar dan dahan. Pemasangan yang terlambat justru akan menyebabkan akar rusak.

Baca Juga:  Pupuk Dasar yang Dibutuhkan oleh Tanaman Tomat