Tips Beternak Ayam Kampung di Pemukiman Penduduk

Pertanianku — Di era serba modern seperti sekarang ini menjadikan lahan semakin sempit karena dipenuhi oleh pemukiman penduduk. Akan tetapi, hal ini tak menjadi halangan jika Anda ingin melakukan kegiatan peternakan. Anda tetap bisa beternak ayam kampung di pemukiman penduduk.

beternak ayam kampung di pemukiman penduduk
Foto: Google Image

Dengan strategi yang baik, beberapa kendala dapat ditangani tanpa menimbulkan masalah sosial dan kesehatan. Hal ini sebagaimana telah dibuktikan oleh Kelompok Tani di Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Mereka menerapkan strategi khusus yang meliputi manajemen perkandangan yang baik sebagai berikut.

  1. Mengatur sirkulasi udara dengan baik agar udara di dalam kandang selalu berganti dengan udara yang baru.
  2. Mengatur kepadatan ayam sesuai ukuran kandang agar ada keseimbangan untuk pertumbuhan ayam secara optimal.
  3. Menjaga kebersihan dan sanitasi kandang untuk menghindari pencemaran air dan udara.
  4. Melakukan penyemprotan disinfektan setiap minggu secara berbeda-beda sesuai aplikasinya. Penyemprotan dilakukan secara menyeluruh, di luar dan di dalam kandang, untuk mencegah timbulnya penyakit.
  5. Menjaga alas kandang selalu dalam keadaan kering. Pasalnya, alas yang lembap dapat menimbulkan bau dan menjadi sumber penyakit.
  6. Menjaga kebersihan peralatan kandang seperti tempat pakan dan minum.

Nah, keenam strategi tersebut tidak boleh dilewatkan satu pun. Faktor lingkungan dan sosial masyarakat harus selalu dijaga. Dukungan masyarakat harus dijadikan prioritas utama agar keberlangsungan peternakan Anda selalu berjalan baik.

Loading...
Baca Juga:  Intip Prospek Usaha Itik Petelur
Loading...
Loading...