Tips Beternak Ayam Kampung Petelur

Pertanianku — Ternak ayam kampung petelur dapat menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan bila dijalankan dengan perencanaan matang. Pasalnya, hingga saat ini telur ayam kampung masih menjadi komoditas yang diminati oleh konsumen.

ayam kampung petelur
foto: Pertanianku

Namun, usaha ayam petelur ini sama seperti usaha ternak lain yang memiliki rintangan. Itu sebabnya Anda perlu memahami semua hal mengenai usaha peternakan dan memiliki perencanaan yang matang agar tujuannya tercapai. Sebelum memulai ternak ayam kampung petelur, cari tahu terlebih dahulu tips beternak ayam kampung petelur seperti di bawah ini.

Antisipasi fluktuasi harga

Salah satu kendala yang sering dialami peternak ayam kampung petelur adalah harga telur yang masih fluktuatif. Anda harus menggunakan perencanaan dan evaluasi jangka panjang guna meminimalisir fluktuasi harga yang terlalu rendah.

Bangun mitra dengan peternak lain

Saat memulai usaha peternakan, Anda membutuhkan jalinan kerja sama dengan berbagai pihak yang dapat terlibat dalam kegiatan usaha. Mulai dari peternak kecil hingga peternakan besar. Jalinan kerja sama tersebut dapat memengaruhi kelangsungan produksi dan pemasaran.

Kualitas telur

Telur menjadi komoditas utama bagi peternakan ayam petelur. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kualitas telur yang akan didapat. Semakin baik kualitasnya, kemungkinan besar keuntungan semakin besar.

Pasar biasanya memiliki beberapa syarat kualifikasi tentang telur yang diminati oleh konsumen, seperti warna, ukuran, kualitas, bahkan bentuk kemasan pembungkus telur. Sebaiknya, kenali permintaan kosumen agar telur cepat diserap.

Kondisi cuaca

Kondisi cuaca menjadi salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan. Pasalnya, ayam kampung tidak begitu menyukai perubahan cuaca. Kondisi perubahan cuaca yang tidak diantisipasi dengan baik dapat menurunkan hasil produksi hingga 10 persen.

Baca Juga:  Langkah Strategis Kementan Perkuat Kesehatan Hewan Nasional

Sifat ayam petelur

Penting bagi Anda untuk mengetahui sifat dari ayam petelur. Hal ini berkaitan dengan manajemen pemeliharaan yang akan digunakan. Pasalnya, manajemen pemeliharaan yang tidak sesuai bisa menyebabkan pertumbuhan ayam terganggu.

Pada dasarmya, ayam petelur sangat menyukai suasana yang tenang, pencahayaan yang cukup, dan perlakuan dari petugas yang dilakukan secara hati-hati. Dengan mengetahui sifat tersebut, ayam yang Anda pelihara akan terasa aman dan nyaman sehingga hasil produksi yang didapatkan maksimal.