Tips Beternak Ayam Sistem Closed House

Pertanianku — Bisnis peternakan ayam selalu menjadi incaran peternak pemula. Kini, peternakan yang awalnya mengadopsi cara konvensional perlu dikembangkan lagi ke arah peternakan “Closed House” untuk memperoleh hasil ternak yang berkualitas. Nah, berikut ini tips beternak ayam sistem closed house yang wajib Anda simak.

tips beternak ayam sistem closed house
Foto: Googl Image

Kenali lingkungan

Maksud dari mengenali lingkungan ialah Anda harus mengenali potensi pasar di mana Anda akan menjual ayam hasil produksi dari peternakan ayam Anda. Potensi lingkungan lainnya yang dapat Anda kembangkan, yaitu potensi pakan daerah Anda sehingga tidak membutuhkan pakan pabrikan. Hal ini juga akan menekan jumlah pengeluaran, khususnya pengeluaran pakan.

Loading...

Tetapkan sistem pemeliharaan

Adapun sistem pemeliharaan dibagi menjadi open house dan closed house. Kandang closed house dibagi lagi menjadi kandang semi-intensif atau semi closed house dan intensif atau closed house karena biaya pemeliharaan yang dibutuhkan dalam kandang intensif secara penuh.

Dalam pola pemeliharaan ini, beternak ayam dengan kandang semi-intensif atau semi closed house memberikan kepuasan terhadap hasil peternakan yang tidak maksimal.

Menggunakan kipas kandang

Pengelolaan peternakan closed house terdapat pada kemampuan kandang untuk menggunakan kipas kandang yang baik. Kipas kandang yang digunakan dapat berupa kipas kandang pabrikan atau kipas hasil rakitan sendiri. Tujuan dari penggunaan kipas kandang adalah menghasilkan kondisi kandang dengan suhu dan perputaran udara yang sejuk, terkontrol dan dingin, membuat ayam tidak stres, dan mampu meningkatkan produktivitasnya.

Menggunakan kontroler klimatron

Kontroler klimatron berfungsi dalam hal penggunaan kipas di dalam kandang. Alat ini berfungsi untuk mengontrol apakah kipas berfungsi atau tidak, mampu menyesuaikan kebutuhan akan sirkulasi udara pada kandang sehingga lebih efisien. Manfaat lainnya, ayam tidak perlu melakukan penyesuaian lingkungan dengan kontrol suhu dan sirkulasi yang terstandarisasi sehingga pertumbuhan bobot badan dapat terukur.

Baca Juga:  Seorang Nenek di Australia Tewas Dipatuk Ayam

Usahakan listrik stabil

Keberadaan listrik sangat penting karena akan digunakan untuk mengoperasikan kipas. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan genset sebagai cadangan listrik untuk mencegah terjadinya pemadaman listrik.

Loading...
Loading...