Tips Beternak Cacing Sutera di Kolam Tanah agar Produksi Melimpah

Pertanianku — Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan produksi cacing sutera di kolam tanah tidak maksimal. Namun, Anda tetap bisa menggunakan kolam tanah dan mendapatkan hasil produksi yang tinggi dengan teknik perawatan yang tepat. Simak ulasan berikut ini.

cacing sutera
foto: pertanianku

Persiapan media

Media yang digunakan untuk kolam tanah cukup banyak sehingga bahan baku yang disiapkan juga harus banyak, bergantung pada luas dan jumlah kolam tanah yang dibuat. Untuk lahan seluas 50 m2 yang dibagi menjadi 10 kolam dengan ukuran masing-masing kolam sebesar 5 m2, media yang dibutuhkan sebanyak 250 kg dengan media setebal 10 cm.

Loading...

Komposisi media yang dibutuhkan antara lain lumpur, dedak, ampas tahu, dan kotoran ayam. Anda juga memerlukan bahan fermentasi seperti probiotik dan molase yang dicampur ke dalam air. Seluruh formula media yang dibutuhkan dapat Anda baca di buku Beternak Cacing Sutera Cara Modern terbitan Penebar Swadaya.

Penebaran bibit

Banyaknya bibit cacing sutera yang akan ditebar ke kolam tanah harus disesuaikan dengan luas kolam. Penebaran harus dilakukan dengan cara yang benar agar produksi cacing menjadi lebih optimal. Penebaran sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum pukul 9 atau pada sore hari setelah pukul 3. Penebaran harus dilakukan saat sinar matahari sedang tidak terik. Matahari yang terlalu terik dapat mengganggu proses adaptasi cacing.

Pakan

Di habitat aslinya, cacing sutera biasanya memakan bahan organik yang bercampur dengan lumpur atau sedimen yang terdapat di dasar. Cacing akan menelan makanannya langsung bersama sedimen. Tubuh cacing memiliki keistimewaan untuk memilah antara makanan dan sedimen. Untuk memacu pertumbuhan cacing, media yang dipersiapkan di awal akan menjadi makanan pertama untuk cacing berkembang.

Baca Juga:  Usaha Peternakan Kambing yang Cocok untuk Pemula

Lama-kelamaan media yang sudah disiapkan akan habis dimakan oleh cacing yang diproduksi. Pada saat itu, peternak harus memberikan pakan agar bahan makanan tetap tersedia. Pakan yang diberikan berupa campuran dedak, ampas tahu, dan kotoran ayam yang sudah melalui proses fermentasi.

Pemupukan susulan

Selain pemberian pakan, pupuk susulan juga harus diberikan karena wadah yang digunakan tidak akan selamanya subur sehingga harus ditambahkan media. Pemupukan juga berguna untuk menambahkan media yang ikut terangkat pada saat panen.

Seluruh tips untuk beternak cacing di dalam kolam tanah dibahas secara lengkap di dalam buku Beternak Cacing Sutera Cara Modern. Tidak hanya kolam tanah, buku terbitan Penebar Swadaya ini juga membahas berbagai aneka wadah yang biasa digunakan untuk beternak cacing sutera. Segera hubungi admin penjualan Penebar Swadaya untuk mendapatkan diskon pembelian buku Beternak Cacing Sutera Cara Modern sebagai referensi usaha Anda.

Loading...
Loading...