Tips Beternak Kerbau yang Benar

Pertanianku — Kerbau merupakan hewan liar asli Afrika dan Asia. Ciri-ciri kerbau adalah sungutnya agak panjang, bertulang besar, kuping besar, kaki-kakinya kuat dan pendek dengan kuku-kuku yang besar, bulu sedikit, tidak bergelambir dan berpunuk, serta bertanduk. Kini, sudah banyak orang yang tertarik untuk beternak kerbau karena peminat daging kerbau di Indonesia cukup banyak.

beternak kerbau
foto: pertanianku

Di Indonesia, populasi kerbau potong mencapai 95 persen, sedangkan 5 persen lainnya adalah kerbau perah. Berikut ini tips beternak kerbau.

Calon bakalan

Loading...

Calon bakalan kerbau berasal dari anakan yang dilahirkan. Hal ini karena populasi kerbau yang sedikit. Bobot anak kerbau yang baik adalah sekitar 33 kg. Saat sudah berumur satu bulan, bobotnya harus sudah mencapai dua kali lipat dari bobot awal. Ketika sudah berumur 10 bulan, bobotnya sudah mencapai 300 kg.

Kandang kerbau

Kandang yang bisa digunakan untuk memelihara satu kerbau dewasa adalah 1,5 × 2 m. Jika Anda memelihara dua anakan kerbau, kandang yang dibutuhkan seluas 1 × 0,8 m. Kerbau hanya dikandangkan pada malam hari mulai dari pukul lima sore. Pada siang hari kerbau digunakan untuk dipekerjakan sebagai tenaga tarik atau diikat pada patok. Kerbau yang masih di bawah satu tahun sebaiknya tidak diikat.

Pakan

Meskipun kerbau bisa hidup dari pakan yang biasa-biasa saja, kerbau tetap membutuhkan pakan berkualitas untuk memenuhi seluruh kebutuhan nutrisinya. Pakan yang diberikan harus mengandung protein, energi, mineral, dan vitamin.

Jumlah pakan yang diberikan harus cukup. Pakan yang digunakan terdiri atas campuran dari hijauan dan leguminosa dengan komposisi 70:30. Selain itu, tambahkan konsentrat dari dedak halus dan bungkil-bungkilan.

Kuantitas pakan harus disesuaikan dengan kebutuhan kerbau yang bergantung pada masa pertumbuhan, kebuntingan, laktasi, dan intensitas pekerjaan yang dilakukan.

Baca Juga:  Kandungan Gizi Susu Kambing yang Istimewa

Cara memelihara kesehatan kerbau

Kesehatan kerbau harus dijaga secara baik dengan cara memelihara kebersihan kandang dan ternak. Kerbau juga bisa terkena penyakit yang sama seperti sapi. Namun, biasanya kerbau lebih tahan terhadap penyakit jika dibandingkan dengan sapi.

 

Loading...
Loading...